Monday, May 24, 2021

Resep Brownies Fudgy Gluten Free, Dijamin Nyoklat Banget


Bagi pecinta cokelat, brownies memang selalu jadi camilan favorit yang tidak pernah ada matinya. Teksturnya yang lembut disertai rasa manis bercampur pahit dari cokelatnya membuat brownies disukai berbagai kalangan. Brownies yang saya buat kali ini menggunakan campuran tepung yang berbeda karena tidak menggunakan tepung terigu. Yang pasti brownies ini cocok dikonsumsi oleh orang-orang yang sensitif terhadap gluten. Meski begitu, konsumsi brownies juga jangan banyak-banyak ya, karena kalori dalam satu potong brownies hampir setara dengan satu buah pisang ukuran sedang. Wah, makan satu potong brownies ternyata sudah cukup mengenyangkan ya, hehe.

Tekstur brownies yang dihasilkan tidak jauh berbeda dengan brownies pada umumnya. Bagian dalamnya masih lembut dan bagian luarnya terasa sedikit crunchy dari lapisan shiny crust brownies. Saya sengaja membuat brownies-nya dalam loyang sekat yang lagi kekinian. Kamu bisa pakai berbagai macam topping di atasnya. Hmm, dijamin deh rasa coklat brownies yang satu ini tidak kalah sama brownies berbahan dasar terigu yang suka kamu makan. 



Oh ya, tips dari saya, untuk menghasilkan brownies yang nyoklat banget, dibutuhkan cokelat bubuk dengan kualitas terbaik. Berbeda dengan cokelat masak batangan, cokelat bubuk memang memiliki cita rasa dan aroma cokelat yang kuat. Tidak heran kalau berbagai jenis kue cokelat baik itu kue kering, cake, maupun kue basah seringkali menggunakan cokelat bubuk sebagai bahan utamanya. 

Nah, berikut ini adalah rekomendasi cokelat bubuk yang bagus untuk membuat berbagai macam kue, termasuk kue brownies yang ada dalam resep ini.

Windmolen Cocoa Powder

Produk cokelat bubuk yang satu ini diolah menggunakan teknologi modern sehingga lebih terjaga higienitasnya. Rasa cokelatnya tergolong intense. Harganya juga terbilang murah mulai dari 15 ribu Rupiah dan mudah ditemukan di berbagai toko bahan kue.

Van Houten Cocoa Powder



Siapa yang tidak kenal dengan brand yang satu ini? Merk cokelat yang satu ini sudah tidak asing lagi karena kerap kali direkomendasikan untuk pembuatan berbagai macam kue. Cokelat bubuk Van Houten memiliki aroma khas yang akan membuat kue menjadi lebih nikmat. Selain dicampurkan sebagai bahan kue, cokelat bubuk Van Houten juga dapat digunakan untuk membuat minuman cokelat. Ada yang pernah coba?

Ghirardelli Chocolate

Produk yang diimpor dari Amerika Serikat ini dikenal memiliki kualitas yang sudah tidak perlu diragukan lagi. Cokelat bubuk ini sering dijadikan sebagai bahan pembuatan kue oleh para bakers di seluruh dunia. Nah, cokelat bubuk Ghirardelli adalah salah satu cokelat bubuk yang cocok dipakai untuk membuat kue brownies karena memiliki cita rasa cokelat yang kuat. 

Bendico

Dibandingkan ketiga brand di atas, Bendico tergolong memiliki harga yang cukup mahal. Harga 1 kg cokelat Bendico bisa mencapai 200 ribu Rupiah. Namun, harga yang relatif mahal ini sesuai kok dengan kualitasnya. Tersedia dalam beberapa varian, cokelat Bendico menggunakan biji cokelat berkualitas yang diolah dengan teknologi terkini. Tidak heran kalau cokelat ini merupakan salah satu brand cokelat premium di Indonesia.

Di masa pandemi seperti sekarang ini, belanja bahan-bahan kue jadi semakin mudah karena kamu cukup berbelanja via online. Kamu juga tidak perlu khawatir kalau ingin membeli keempat cokelat bubuk di atas karena kamu cukup belanja di Tokowahab.com. Berbagai produk bahan kue bisa kamu temukan dengan mudah di sini, termasuk mentega dari berbagai merk. Harga bahan-bahan kue yang dijual di toko ini juga bersaing lho, jadi kamu tidak perlu khawatir karena kamu bisa memilih berbagai jenis bahan kue sesuai keinginan dan kebutuhan kamu. 

Jangan lupa dicoba ya resepnya. Semoga berhasil ­čśÇ


Brownies Fudgy Gluten-free

Brownies Fudgy Gluten-free

Yield: 36 potong
Prep time: 15 MinCook time: 30 MinTotal time: 45 Min

Ingredients

  • 225 gr DCC (dark cooking chocolate)
  • 75 gr unsalted butter/mentega
  • 50 gr minyak sayur
  • 240 gr gula halus
  • 3 butir telur
  • 90 gr tepung mocaf
  • 30 gr tepung beras
  • 30 gr susu bubuk
  • 50 gr cokelat bubuk
  • 1/4 sdt garam
  • 1/4 sdt esens vanila
  • Almond flakes, choco chips, selai kacang atau sisa potongan cokelat batang untuk topping

Instructions

  1. Olesi loyang brownies ukuran 24x24 cm dengan margarin, lalu alasi dengan kertas baking.
  2. Tim dark cooking chocolate, mentega dan minyak sayur hingga larut kemudian sisihkan sejenak.
  3. Kocok gula halus dan telur dengan whisk sekitar 1-2 menit hingga gula larut.
  4. Campur adonan cokelat dengan kocokan telur tadi kemudian aduk rata.
  5. Ayak tepung mocaf, tepung beras, susu bubuk dan cokelat bubuk lalu masukkan ke dalam campuran adonan cokelat dan telur tadi.
  6. Tambahkan vanila lalu aduk rata kembali.
  7. Panaskan oven dengan suhu tinggi (sekitar 180’C-200’C). 
  8. Tuang adonan brownies ke dalam loyang, ratakan lalu masukkan sekat.
  9. Beri topping sesuai selera.
  10. Panggang adonan selama 10-20 menit.
  11. Cek kematangan kue menggunakan tusuk gigi.
  12. Setelah matang, keluarkan brownies dari oven lalu dinginkan sejenak sebelum disajikan.
Desserts
Created using The Recipes Generator

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya. Silahkan berikan tanggapan atau pertanyaan di kolom komentar.