5 Tips Anti Mager Agar Tetap Produktif selama WFH

Monday, May 18, 2020



Halo, apa kabar yang masih setia di rumah aja? 😀Bagi yang selama ini bekerja dari rumah atau work from home (WFH), siapa sangka kalau masa WFH ternyata cukup panjang ya. Saya sendiri sudah tiga bulan WFH. Bosan? Sudah pasti. Tapi kondisi ini masih sangat saya syukuri karena banyak orang yang nggak memiliki kesempatan yang sama seperti saya dimana perusahaan atau tempat kerja mereka nggak menerapkan kebijakan WFH.

Nah, bicara soal WFH, pasti banyak di antara kamu yang tetap harus mengurusi pekerjaan kantor ya. Tapi suasana bekerja saat di kantor dengan di rumah tentu saja sangat jauh berbeda. Benar nggak? Meskipun terlihat lebih santai dan cenderung fleksibel, bekerja dari rumah ternyata banyak tantangan dan godaannya, lho! Salah satu godaan terbesar adalah mager alias malas gerak. Bayangkan bagaimana kasur dan bantal setiap hari "memanggil-manggil" kamu, belum lagi film atau drama Korea yang lagi booming amat menggoda untuk kamu tonton, ditambah pekerjaan rumah yang "berteriak" ke kamu minta diselesaikan. Pokoknya ada saja gangguannya - gangguan yang akhirnya membuat produktivitas dan motivasimu dalam bekerja menjadi berkurang.

Agar kamu tetap produktif dan waktu bekerja kamu selama di rumah tetap efektif, kamu bisa ikuti 5 tips antimager dari saya berikut ini.

Siapkan Ruang Kerja yang Nyaman



Langkah pertama agar kamu tidak mager saat WFH yaitu dengan menciptakan suasana kerja yang setidaknya mirip dengan di kantor. Caranya adalah dengan menciptakan ruang/sudut kerja yang nyaman di rumah. Kamu sangat tidak dianjurkan bekerja di atas kasur karena kerja seperti itu malah cenderung membuat kamu jadi mudah mengantuk. Minimal siapkan meja dan kursi di rumah yang khusus digunakan untuk bekerja. Jika space di rumahmu terbatas dan kamu tidak memiliki meja dan kursi yang proper untuk bekerja, kamu bisa gunakan meja lipat. Jangan lupa lengkapi ruang/sudut kerjamu dengan barang-barang yang kamu perlukan selama WFH, seperti kertas atau buku catatan, alat tulis, flashdisk, charger, tisu, botol minum serta hand sanitizer yang bisa kamu letakkan di dekat meja kerjamu agar mudah dijangkau. Dengan begitu, kamu nggak perlu harus mondar-mandir ke sana kemari untuk mengambil barang-barang tersebut. Selain itu, kamu juga bisa pasang playlist musik favorit yang bisa membantumu tetap fokus selama WFH. 

Buat To-Do List Harian



Ayo ngaku, siapa yang selama WFH kerjanya jadi serabutan dan nggak terkontrol? Sangat dimaklumi kok kalau di antara kamu ada yang mengalami hal ini karena WFH membuat jam kerja jadi sangat fleksibel. Akan tetapi, bekerja seperti ini tentu saja akan membuat kamu jadi mudah terlena dan kurang produktif karena bisa jadi ada deadline pekerjaan yang akhirnya nggak dapat kamu selesaikan. Tips dari saya adalah cobalah membuat daftar pekerjaan atau to-do list harian yang bisa membuat kamu lebih disiplin terhadap target pekerjaan kamu. Kamu bisa menuliskan to-do list sederhana di buku catatan kamu atau menggunakan bantuan aplikasi kalendar di ponsel. Dengan begitu, aktivitasmu jadi lebih terorganisir dan tidak ada satu pun pekerjaan yang terlewatkan. Yang nggak kalah penting juga adalah menentukan jam kerja setiap hari. Nah, kalau yang ini kamu bisa saja membuat jam kerja yang lebih fleksibel. Nggak masalah kalau kamu mulai bekerja di pagi hari, lalu istirahat dan tidur siang sebentar, setelah itu lanjut bekerja lagi, asalkan semua tugas atau pekerjaan bisa diselesaikan.


Selingi dengan Aktivitas Ringan 



Jika WFH sudah cukup menguras pikiran kamu, coba deh sesekali kamu selingi dengan aktivitas ringan yang bisa membuat kamu nggak cepat bosan di rumah, contohnya berolahraga. Kamu bisa melakukan berbagai macam olahraga ringan seperti push-up, sit-up, senam atau yoga, minimal 2-3 kali dalam seminggu selama 30 menit. Aktivitas selingan lainnya yang bisa kamu lakukan antara lain membaca buku, membersihkan rumah, memasak atau melakukan perawatan diri. Percaya deh, melakukan aktivitas yang menyenangkan di sela-sela mengerjakan pekerjaan kantor akan membuatmu tetap sehat dan waras 😊


Baca juga Gluten-free Choco Peanut Brownies


Cukupi Waktu Istirahat dan Asupan Makanan Sehat



Menjaga kesehatan sangatlah baik untuk meningkatkan produktivitasmu. Selain melakukan hal-hal yang menyenangkan seperti yang saya sebutkan di atas, hendaknya kamu juga menjaga daya tahan tubuhmu. Apalagi di masa-masa pandemi seperti sekarang ini, tubuh yang nggak fit akan rentan tertular virus. Untuk itu, jangan sampai karena terlalu sibuk bekerja dan beraktivitas, kamu jadi melupakan waktu istirahat dan pola makanmu di rumah ya. Sebisa mungkin hindari kurang tidur. Kalau kamu sudah merasa lelah saat bekerja, ambillah waktu untuk beristirahat sejenak di siang hari. Selain itu, usahakan untuk mengonsumsi sarapan yang kaya akan protein. Meskipun sama-sama menghasilkan sumber energi bagi tubuh, makanan yang tinggi protein cenderung lebih baik dalam menahan rasa lapar dibanding karbohidrat sehingga kamu nggak akan mudah mengantuk. Kamu juga bisa menyiapkan camilan sehat rendah kalori sebagai teman selama WFH. Hal ini penting agar kamu juga tetap bisa mengontrol berat badan kamu selama di rumah aja.


Coba Aktivitas dan Hobi Baru



Tips anti mager yang terakhir adalah mencoba aktivitas lain di luar pekerjaan. Aktivitas di sini adalah semua kegiatan yang punya added value buat kamu, entah itu dalam bentuk ilmu dan wawasan, ataupun dalam bentuk uang/penghasilan. Aktivitas tersebut bisa kamu manfaatkan untuk menghibur, mengekspresikan diri, bahkan melepaskan penat dari rutinitas harian kamu agar menjadi lebih produktif. Saat ini, telah banyak beragam kegiatan yang bisa kamu ikuti gratis secara online, misalnya webinar atau sharing melalui media sosial seperti Instagram Live, kursus bahasa asing online, tutorial belajar virtual photography hingga tutorial memasak. Produk atau jasa yang kamu hasilkan dari kegiatan belajar tersebut tentunya juga bisa kamu jadikan peluang untuk memperoleh pendapatan tambahan. Selain itu, kamu juga bisa mengeksplorasi hobi baru yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya, contohnya melukis, menjahit atau berkebun. Dengan adanya hobi baru ini, percayalah kamu akan merasa jauh dari bosan.


Baca juga How to Blog Like A Pro

Bagaimana tips dari saya? Semoga kamu bisa tetap produktif dan melakukan banyak hal positif meskipun di rumah aja ya. 

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya. Silahkan berikan tanggapan atau pertanyaan di kolom komentar.