Sunday, April 22, 2018

Resep: Peanut Butter Dorayaki (Gluten-free)



Hi foodies!

Apa sih cemilan khas Jepang favorit kamu? Kalau saya pasti akan menjawab, DORAYAKI! Yup, dorayaki tidak cuma rasanya yang enak dan manis, tapi bentuknya pun lucu, seperti dua buah pancake yang ditumpuk jadi satu. Pantas saja Doraemon sangat menyukai kue ini ya.  Di negeri asalnya, dorayaki merupakan salah satu kue tradisional yang sangat diminati oleh para turis asing untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Tekstur kue ini memang seperti pancake, namun yang membedakannya adalah dua buah pancake ditumpuk menjadi satu, dan sebagai perekat, di bagian tengahnya diolesi selai kacang merah.  

Di Indonesia sendiri, dorayaki sudah banyak dijual yang penyajiannya disesuaikan dengan selera lidah masyarakat lokal. Dorayaki yang populer di tanah air, biasanya tidak hanya menggunakan isian selai kacang merah, namun juga isian selai coklat, buah-buahan, krim keju, dan masih banyak lagi. Nah, berhubung saya pecinta selai SKIPPY, saya coba membuat dorayaki dengan isian SKIPPY peanut butter. Dorayaki yang saya buat ini kebetulan tidak menggunakan tepung terigu, melainkan tepung bebas gluten, yaitu tepung mocaf. Jadi, buat teman-teman foodies yang memiliki intoleransi terhadap gluten atau ingin membuat cemilan lebih sehat, bisa coba membuat kue ini. Penasaran dengan cara membuatnya? Yuk, simak resep berikut ini.


PEANUT BUTTER DORAYAKI (GLUTEN-FREE)


Bahan-bahan:

160 gr tepung mocaf 
4 butir telur
130 gr gula pasir
3 sdm minyak
1 sdt baking powder
1 sdt vanila esens
1/4 sdt garam
2 sdm air
Skippy Peanut Butter Creamy/Chunky sebagai olesan


Cara membuat:
  1. Campurkan telur dan gula pasir menggunakan hand whisk hingga rata.
  2. Masukkan minyak dan vanila esens, aduk hingga tercampur rata.
  3. Masukkan campuran tepung mocaf dan baking powder yang telah diayak. Aduk kembali hingga rata.
  4. Tutup wadah dengan plastik wrap dan simpan di dalam kulkas selama 20 menit.
  5. Setelah 20 menit, keluarkan dari kulkas dan tambahkan air. Aduk hingga rata.
  6. Panaskan wajan anti lengket lalu tuangkan 2 sdm adonan. Masak hingga muncul lubang-lubang kecil. Balik adonan dan masak kembali hingga sisi yang lain matang. 
  7. Jika telah matang, dinginkan sebentar. Siapkan 1 buah dorayaki lalu olesi bagian dalamnya dengan SKIPPY Peanut Butter Creamy/Chunky, kemudian tutup dengan 1 buah dorayaki lainnya. Sajikan.


Senang deh kalau sudah bereksperimen dengan selai kacang SKIPPY. Pasalnya, selai kacang SKIPPY terasa sekali rasa kacangnya. So flavourful. Untuk ukuran selai kacang, menurut saya tekstur selai kacang SKIPPY juga creamy dan lembut. Nggak percaya? Cobain deh SKIPPY Peanut Butter Creamy. Tapi kalau saya pribadi, saya lebih menyukai jenis selai kacang yang masih ada tekstur crunchy si kacangnya. Alhamdulillah, SKIPPY memiliki produk Peanut Butter Chunky. Saya suka banget selai kacang ini, sampai-sampai saya tidak ingin berpaling ke lain hati, he he he


Selain itu, selai SKIPPY menggunakan vegetable oils sehingga bebas dari kolesterol. Selai kacang SKIPPY juga mengandung protein sehingga cocok jika ditambahkan ke dalam menu sarapan kamu. Tahu kan kalau konsumsi selai kacang tidak akan membuatmu gemuk? Yup, selai kacang itu sendiri tidak akan membuatmu gemuk. Bisa dikatakan selain kacang itu sehat, namun selai kacang padat kalori, jadi konsumsilah dalam jumlah yang cukup. Oh ya, yang membuatmu saya jatuh cinta lagi sama produk ini adalah selai kacang SKIPPY ternyata bebas dari gluten, lho! It's gluten-freeYippie! 

Mau ikutan bereksperimen dengan SKIPPY Peanut Butter? Kamu bisa contek berbagai resep olahan selai kacang SKIPPY di situs SKIPPY, atau kamu juga bisa mengunjungi media sosialnya, baik Instagram, Facebook maupun TwitterHappy cooking! 

Disclaimer: Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan dan Praxis sebagai perwakilan SKIPPY® Peanut Butter Indonesia.

6 comments

  1. Kue Doraemon tuh. Disini juga banyak yang jual di pasar pasar, 5 biji 2 ribu rupiah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mas, kue Doraemon. Wah murah banget 5 biji cuma 2 ribu. Dimana pasarnya?

      Delete
  2. Dorayakiii favorit aku, thankyou mbaa sudah share resep nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaah sama. Itu juga favorit aku.. masama, mudah2an bisa dicoba di rumah ya :D

      Delete
  3. Aaaaaaak enak bangeeeeetttt! Gendut gendut gitu ya dorayakinyaaa.. Doraemon juga pasti suka niiihhhh... hihihihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihihihi... menul2 kayak doraemonnya yaa.. mudah2an suka soalnya nggak pake isi kacang merah :D

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya. Silahkan berikan tanggapan atau pertanyaan di kolom komentar.

Latest Instagrams

© A Little Bit of Nisa. Design by FCD.