RESEP KUE CUBIT SOSIS

Saturday, July 22, 2017



Kue cubit.. Siapa yang nggak kenal kue yang satu ini? Kecil, imut, fluffy alias empuk dan manis. Sebagian dari kita pasti sudah menemukan abang-abang yang menjual kue ini semenjak masa sekolah, he he he. Harganya murah, dan topping-nya pun bisa dibuat sesuka kita - mau pakai meises coklat atau keju. Kue ini bahkan sekarang jadi lebih kekinian lho, karena dibuat dengan rasa-rasa yang unik, seperti green tea dan red velvet.

Nah, bulan Ramadhan lalu, saya sempat membuat kue cubit untuk keluarga saya sebagai cemilan berbuka puasa (takjil). Kebetulan gampang juga buatnya. Cuma waktu itu saya iseng, bisa nggak ya sekali-kali saya buat dengan rasa yang gurih? Alhasil, saya kepikiran untuk mencoba menggunakan sosis sapi SO GOOD!

Sosis sapi SO GOOD terkenal enak, dan keluarga saya juga suka. Saya dan keluarga sudah lama mengenal dan mengkonsumsi beberapa produk SO GOOD siap masak seperti bakso kuah, nugget, sosis dan spicy wings. Selain enak, sosis sapi SO GOOD juga halal. Produk ini mudah diolah dan dikonsumsi menjadi berbagai jenis masakan. 


Untuk kue cubit sosis ini, saya gunakan sosis sapi SO GOOD sebagai topping. Cara buatnya dijamin mudah dan praktis. Tekstur kue cubitnya juga lembut dan empuk. Waktu itu saya coba membuat dengan dua jenis tepung, terigu dan non-terigu. Untuk resep ini, saya menggunakan tepung terigu. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan serta cara membuatnya. Selamat mencoba ya!


KUE CUBIT SOSIS

Print Friendly Version of this pagePrint Get a PDF version of this webpagePDF
Lama memasak: 1 jam
Porsi: 30 buah


Bahan-bahan:
2 buah sosis sapi SO GOOD, iris-iris tipis +/- 1 cm
125 gram tepung terigu
30 gram gula pasir*
1 buah telur ayam
50 gram mentega, lelehkan
125 ml air matang (atau bisa menggunakan 1 sdm susu kental manis, dilarutkan dalam 125 ml air)**
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue
Sejumput garam


Cara membuat:
  1. Siapkan bahan kering seperti tepung terigu, baking powder, soda kue dan garam kemudian campur menjadi satu.
  2. Kocok telur dan gula pasir menggunakan mikser atau whisk selama +/- 10 menit hingga gula larut dan adonan menjadi berwarna sedikit pucat.
  3. Masukkan bahan kering dan air/susu cair sedikit demi sedikit secara bergantian sambil diaduk menggunakan spatula atau whisk. Aduk hingga seluruh bahan tercampur rata di dalam adonan.
  4. Terakhir, masukkan mentega yang sudah dilelehkan, lalu aduk kembali. Diamkan selama 30 menit.
  5. Panaskan wajan cetakan kue cubit (atau bisa juga menggunakan wajan cetakan khusus untuk takoyaki atau poffertjes) di atas api kecil sambil diolesi mentega. Setelah wajan panas, masukan 1 sdm adonan ke dalam cetakan, kemudian tutup. Jika buih sudah mulai muncul, letakkan potongan sosis di atas masing-masing adonan yang sudah setengah matang tersebut. Tutup wajan kembali. Masak hingga matang (+/- 2 menit), lalu angkat. Sajikan hangat dengan cocolan saus cabai atau tomat botolan, atau bisa juga dengan mayones. 

Tips:

Jika ingin membuat kue cubit yang manis, perhatikan tips berikut:
  • Takaran gulanya ditambahkan menjadi 50 gram
  • Untuk susu cair yang digunakan, ditambahkan lebih banyak susu kental manisnya (kira-kira 2 sdm)
  • Tambahkan 1/4 sdt vanila bubuk/esens








author image

ABOUT ANISSA

Anissa is a researcher and lifestyle blogger living in Jakarta. She writes mostly about her passions, which range from travelling, blog tutorial, study tips and her favourite homemade recipes!

1 comment

  1. I extraordinarily appreciate all above cited factors approximately a selected subject matter and that i wish this publish could be very attractive and comprehensible for the readers. custom dissertation writing service thanks for sharing.

    ReplyDelete

Follow My Instagram

© A Little Bit of Nisa. Design by Fearne.