TIPS: HOW TO BLOG LIKE A PRO

Sunday, March 26, 2017



Adakah di antara kamu yang ingin jadi blogger terkenal? *Ayo, cung!

Siapa yang nggak mau jadi blogger terkenal sekelas Diana Rikasari, Stella Lee, atau Andra Alodita. Saya juga mau! Bagi saya, kamu nggak harus jadi artis selebgram atau rajin ngendorse dulu agar menjadi seorang blogger terkenal. Membuat tulisan yang banyak 'dicari' juga bisa jadi salah satu cara kamu agar blog kamu (dan kamu tentunya) lebih mudah dikenal sama orang lain. Jadi berbahagialah buat kamu yang suka banget nulis karena hal ini akan jadi stepping stone untuk menjadi seorang blogger terkenal. 

Eh tapi kali ini saya nggak mau ngebahas soal tips menjadi seorang blogger terkenal *karena saya juga bukan seorang blogger terkenal, hehe*, tapi saya akan membagikan tips mengenai cara agar blog menjadi lebih menarik oleh pembaca. Salah satunya adalah dengan membuat blog kamu naik level satu tingkat dengan membuat blogmu seperti sebuah blog yang profesional. Yes, everyone now can blog like a pro. Beberapa situs di internet bisa menjawab segala kebutuhanmu untuk membuat blogmu one step ahead. Tips saya berikut mungkin bisa membantu kamu agar bisa ngeblog seperti seorang pro. Yuk, disimak!


Mempercantik judul blogpost dengan Canva

Kalau yang suka main ke blog saya beberapa waktu terakhir, mungkin sering mendapati saya menggunakan gambar untuk tiap blogpost yang saya tulis. Atau kamu yang suka mencari inspirasi di Pinterest, pasti suka lihat gambar-gambar thumbnail blog yang bagus-bagus. Nah, saya mau kasih bocoran nih. Kamu tidak perlu menggunakan Adobe Photoshop ataupun software untuk desain yang lain. Kamu bisa membuat hal yang sama seperti yang saya buat cukup dengan menggunakan Canva. Canva termasuk salah satu situs favorit saya. Saya tidak hanya menggunakan Canva untuk membuat blogpost image, tetapi juga keperluan desain lainnya, seperti desain hamper, header dan sebagainya. Meskipun bukan murni free online website, tapi Canva masih memiliki fitur gratis yang bisa kamu manfaatkan. Kamu bisa bebas mendesain dengan ukuran yang kamu inginkan. Canva memberikan berbagai pilihan mulai dari ukuran gambar untuk social media hingga ukuran kertas umum seperti A4 atau kwarto (Q). Selain itu, kamu juga bisa berkreasi dengan memilih berbagai template gambar yang sudah disediakan oleh Canva di bagian layouts. Kamu pun tinggal mengganti jenis font yang kamu sukai serta mengganti gambar melalui fitur uploads. Mudah 'kan? Jika kamu tidak memiliki gambar yang bagus untuk dijadikan latar judul blogpost kamu, kamu bisa mengunduh secara gratis di situs free stock photos. Dua situs yang selalu saya gunakan antara lain Pexels dan Pixabay. Semua foto yang disediakan di kedua situs tersebut benar-benar free atau berlisensi CC0 (Creative Common Zero license). Artinya, kamu bebas menggunakannya baik untuk tujuan yang personal atau komersial tanpa harus menyebutkan sumbernya. Tertarik mencoba?   


Memilih ukuran desain gambar (http://canva.com/)

Fitur layouts untuk memudahkan mencari desain (http://canva.com/)


Menambahkan pop-up subscribe widget 

Supaya blog kamu terlihat lebih profesional, mulailah untuk menyingkirkan widget yang hanya berfungsi untuk tampilan estetika saja, misal jam, kalender, gambar flash dan lain sebagainya. Kamu sebaiknya mulai memikirkan untuk menggunakan widget yang lebih berguna, misalnya widget yang berfungsi sebagai navigasi pembaca dalam menemukan artikel blog yang mereka butuhkan. Buat kamu pengguna platform Blogger seperti saya, kamu bisa menggunakan beberapa widget, salah satunya subscribe form atau formulir berlangganan. Widget ini berfungsi untuk mengirimkan artikel blog kamu pembaca langsung ke email mereka. Namun, mereka harus memasukkan alamat email mereka terlebih dahulu di formulir berlangganan yang kamu sediakan. Kamu bisa menggunakan form statis yang biasanya muncul di bagian sidebar, atau kamu juga bisa mengaktifkan pop-up subscribe widget seperti yang saya gunakan dalam blog ini. Widget ini bagus banget buat meningkatkan pengunjung ke blog lho! Setiap kamu meng-update artikel blog, maka pemberitahuan akan masuk ke email pembaca dan tidak menutup kemungkinan mereka juga akan membuka email dan mampir ke blog kamu. Karena saya bukan seorang desainer grafis atau ahli IT, saya lebih senang membuat versi yang instan. Kamu cukup meng-instal formulir berlangganan dari beberapa situs seperti AddThis, MailChimp atau GetSiteControl. Kamu hanya perlu melakukan registrasi, kemudian kamu diarahkan untuk mendesain subscribe widget dari berbagai pilihan yang sudah disediakan oleh situs tersebut. Namun, sebelum itu jangan lupa untuk memastikan widget terinstal di blog kamu dengan memasukkan kode html ke bagian Blogger template.

Tampilan home pada situs GetSiteControl (http://getsitecontrol.com/)

Membuat subscribe widget (http://getsitecontrol.com/)

Cara mengaktifkan widget di blog (http://getsitecontrol.com/)


Memasukkan profil singkat penulis pada tiap artikel blog

Hal lain yang bisa membuatmu terlihat seperti seorang blogger profesional adalah dengan menambahkan profil singkat penulis di bawah postingan blog. Meskipun cara ini lebih cocok digunakan untuk blog yang ditulis oleh lebih dari satu penulis, namun buat kamu yang memiliki sebuah personal blog, nggak ada masalah kok untuk memasang fitur ini. Dalam profil tersebut, penulis biasanya menampilkan foto dan deskripsi singkat tentang dirinya, atau bisa juga deskripsi tentang blognya tersebut. Selain berisi deskripsi singkat profil penulis, fitur ini juga bisa digunakan untuk mencantumkan acknowledgement atau ucapan terima kasih kepada pembaca karena telah mampir dan membaca artikel blogmu. Tutorial berikut mungkin bisa membantumu membuat kolom profil penulis.


Menulis artikel blog yang SEO friendly


Kalau tiga tips di atas berhubungan dengan desain blog, maka tips saya kali ini lebih menitikberatkan pada konten. Mungkin banyak dari kamu yang tahu cara menulis secara lancar, namun saat ini kamu perlu tahu apakah artikel yang kamu tulis tersebut tergolong SEO friendly atau tidak. Istilah apa sih itu? SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization, sedangkan yang dimaksud dengan SEO friendly adalah artikel yang 'bersahabat' dan berkualitas di mata mesin pencari, seperti Google, Yahoo, Bing dan masih banyak lagi. Nah, kalau artikel blog kamu masuk kategori artikel yang SEO friendly tandanya artikel kamu mudah menempati halaman pertama search engine berdasarkan kata kunci yang diketikkan ke mesin pencari. Atau lebih sederhananya, blog kamu akan lebih mudah dan cepart terindeks di mesin pencari. Jika kamu ingin artikel blogmu lebih SEO friendly, maka ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan, di antaranya menggunakan keywords yang banyak dicari, memperbaiki penulisan judul yang lebih menarik, menuliskan konten yang relevan, membuat link antar artikel yang saling berkaitan (internal linking) serta tips-tips lain. Berikut adalah beberapa blog dan situs yang menjelaskan secara detail tentang bagaimana cara menulis artikel yang SEO friendly. Monggo dicek.
1. Menulis Artikel yang SEO Friendly Terbukti Berhasil (http://www.caraspot.com/menulis-artikel-yang-seo-friendly-terbukti-berhasil.html)
3. 15 Cara Ampuh Menulis Artikel SEO Friendly yang Belum Anda Tahu (http://www.rohadiright.com/cara-menulis-artikel-seo-friendly)


Membeli domain 

Mungkin tips terakhir dari saya ini sedikit membutuhkan effort dari kamu. Memiliki domain sendiri (custom domain) kerap menjadi keinginan banyak blogger, apalagi buat mereka yang sudah melanglang buana cukup lama di dunia blogging. Tapi adakah di antara kamu yang justru bertanya seperti ini,
"Buat apa beli domain? Wong sudah ada yang gratis, tinggal pake..."
Hmm, iya sih gratis, tapi bagi kamu yang ingin serius ngeblog, tentunya memiliki domain sendiri akan membuatmu jadi terlihat lebih profesional. Selain itu, menggunakan custom domain memungkinkanmu untuk menerima berbagai tawaran kerjasama dengan pihak lain, baik itu berupa tawaran pemasangan iklan dari perusahaan advertising hingga tawaran menulis beberapa produk sponsor. Hal pertama yang tentu harus kamu lakukan adalah mendaftarkan nama domain barumu ke penyedia nama domain. Salah satu situs penyedia nama domain yang memiliki kualitas baik dan terpecaya adalah Rumahweb.com. Saya pun membeli domain untuk blog ini di situs tersebut. Meskipun kamu perlu membayar sejumlah uang untuk membeli domain yang telah disediakan, jumlah biaya yang ditawarkan berlaku untuk satu tahun. So, it's worth trying! Cek artikel blog berikut untuk tahu tentang cara mengganti domain lama kamu (blogspot.com) dengan domainmu sendiri, contohnya .com, .net atau .id.

Tampilan muka Rumahweb (http://www.rumahweb.com)

***

Bagaimana tips-tips di atas? Semoga bisa dipraktekkan ya, sehingga mudah-mudahan sebentar lagi kamu akan jadi seorang blogger profesional. Good luck! :)

author image

ABOUT ANISSA

Anissa is a researcher and lifestyle blogger living in Jakarta. She writes mostly about her passions, which range from travelling, blog tutorial, study tips and her favourite homemade recipes!

6 comments

  1. assalamuallaikum
    haiii anissa, salam kenal ^^
    Sukaa deh sama tampilan blognya yang clin dan rapi, dan bikin betah ngubek-ngubekb blognya eheh,

    kalo aku pribadi biasnaya untuk edit-edit cuma photoshop
    kapan-kapan coba ah pake canva ^^

    Hatur nuhun tipsnya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam. Hai Dwi, salam kenal juga ya! 😊

      Ah, makasih ya udah betah berlama-lama di blogku. Punya blog juga? Mau mampir juga. Sip, sama2, silahkan dicoba ya!

      Delete
  2. Halo.. Aku juga suka sama tampilannya, bermanfaat banget buat aku yang masih pemula. Nama mba mirip nama aku sama nama suami, hehehe... jadi makin suka.

    ReplyDelete
  3. Hai mbak anissa, salam kenal.
    Jadi nyasar kesini gara2 resep sei sapi dan jadi baca yg lain2 deh hehe

    Terimakasih juga mbak utk sharing blog biar kece ini. Tambahan ilmu buat saya yg juga masih belajar ngeblog.

    Terus menulis ya mbak. Dan terus menginspirasi ��

    ReplyDelete
  4. terimakasih mbak atas informasinya, bermanfaat banget nih. yah maklumlah bagi saya seorang pemula. meskipun blognya tentang perjalanan hidup. pengen juga dibca orang lain. hehe

    ReplyDelete

Follow My Instagram

© A Little Bit of Nisa. Design by Fearne.