LAYANG-LAYANG IMPIAN

Tuesday, January 24, 2012

Layang-layang. Tinggi terbang di atas langit mendung. Mega menangis membasahi benang menjulang. Menembus kertas putih yang menjadi sobek. Dan tulang pun tak kuasa menahan petir yang menyentak. Layang-layang melayang ke langit mendung. Mendung dan remang dari harapan. Harapan yang kuulur dari seutas benang. Benang harapan yang kini putus ditetesi hujan. - Bumi Siliwangi Bandung, 20 November 2009

Impian dan harapan tak ubahnya seperti layang-layang yang terbang menembus awan. Ia dapat terbang tinggi bagaikan suatu khayalan yang indah bagi yang menerbangkannya. Orang yang mempunyai impian dan harapan adalah orang yang tak takut menerbangkan layang-layang setinggi apapun.

Ketika kita bermain layang-layang, kita seperti tengah berusaha mewujudkan dan menggapai impian dan harapan kita. Kita tentu ingin layang-layang kita terbang dengan gagahnya dan tinggi menyusuri langit, yaitu dengan cara menarik dan mengulur tali yang membentang dan mengikat di sisi layang-layang. Teknik dan cara kita mengendalikan layang-layang adalah kunci kesuksesan kita dalam bermain layang-layang. Angin dan kelembaban udara hanyalah penyerta yang tidak setiap saat dalam kondisi yang sama.


Ada kalanya kita bermain dalam situasi cuaca yang kurang baik, cuaca yang terlalu berangin atau udara terlalu kering sehingga tidak ada angin yang berhembus. Namun itu hanyalah kondisi sesaat yang tidak setiap saat kita temui saat bermain layang-layang. Justru kelihaian orang yang mampu menerbangkan layang-layang pada kondisi seperti itulah yang dapat dikatakan ia adalah pemain layang-layang yang handal. Ia mampu melewati rintangan seburuk apapun dan tetap mampu menerbangkan layang-layangnya.

Impian dan harapan seseorang sungguh bagaikan layang-layang yang hendak terbang itu. Dibutuhkan niat, tekad, dan usaha serta perjuangan yang keras untuk mewujudkan, sama seperti butuh kemampuan untuk menerbangkan layang-layang. Teknik menerbangkan layang-layang adalah cara dan usaha yang kita tempuh untuk menggapai impian itu. Cara dan usaha itu pun berbeda tiap orang. Di saat kita sedang berusaha mewujudkannya, tentu saja ada rintangan dan cobaan yang akan kita hadapi, layaknya ketika angin yang terlalu berhembus saat bermain layang-layang. Layang-layang bisa saja tidak dapat terbang, talinya bahkan bisa putus akibat kencangnya hembusan angin. Hal ini menunjukkan bahwa dalam setiap pencapaian impian dan harapan, akan ada cobaan yang datang. Cobaan tersebut tentu dapat meruntuhkan pondasi kita sekalipun.

Akan tetapi, layang-layang adalah layang-layang dan impian adalah impian. Dia akan tetap terbang melintasi langit, dan impian akan terbang melintasi pemikiran manusia. Seseorang yang mampu mengatasi cobaan itu semua adalah tentu akan memperoleh impian yang dia nantikan. Hal ini memang membutuhkan usaha dan kerja keras yang tidak sedikt. Ketika kita sudah berusaha menjaga layang-layang tersebut untuk tetap terbang, kita hanya bisa menunggu bagaimana layang-layang tersebut merespons usaha kita. Dalam hal ini, perwujudan impian tak lepas dari kehendak Illahi. Untuk itu, kita harus ikhlas atas segala keputusanNya.
"Layang-layang bagaikan impian. Terbang tinggi melintasi pikiran dan kehendak kita, namun terkadang sulit untuk mengendalikan dan meraihnya"
author image

ABOUT ANISSA

Anissa is a researcher and lifestyle blogger living in Jakarta. She writes mostly about her passions, which range from travelling, blog tutorial, study tips and her favourite homemade recipes!

Post a Comment

Follow My Instagram

© A Little Bit of Nisa. Design by Fearne.