GLOWING IN THE DARK

Monday, August 08, 2011

This is me, glow in the dark
Voila, saya sukses memanipulasi foto jepretan teman yang diambil di dekat sebuah cermin menjadi sebuah foto yang bermandikan cahaya pendar dari balik cermin dengan sekelilingnya gelap, alias GLOW IN THE DARK!! Yes, I was glowing in the dark! 

Lagi-lagi dengan tangan jahil dan tanpa tutorial apapun, -dan saya pun sempat bingung bagaimana melakukannya- saya berhasil membuat background menjadi gelap dan hanya bercahayakan neon yang sebenarnya itu adalah cermin. Tak ada teknik khusus, hanya memainkan insting, alhasil menjadi foto yang benar-benar memuaskan. 

Selain ini, ada beberapa foto lain yang saya "mainkan" seperti ini, dan hasilnya luar biasa amazing! Saya merasa heran dengan hasilnya. Jika melihat foto aslinya, memang it's magic!! 

My friend, Prisca Arfines
That's the second pic, my friend actually. She was so happy while seeing this photograph. 

Sedikit bocoran, ada beberapa teknik yang saya ingat. Mulai dari memainkan level warna, curve, memberikan sedikit tone yang agak kekuningan (shining glow) serta smart blur untuk menghaluskan gradasi foto. Wah saya ternyata berbakat juga untuk buat foto studio atau photo event. 

Oh ya tak lupa, foto-foto tersebut saya tambahkan macam-macam teknik instan. Maksudnya adalah kita tak perlu terlalu repot memainkan warna dan lain-lain secara manual, dengan mensettingnya satu persatu. Cukup mendownload yang disebut Action atau Photoshop Actions. Kemampuannya adalah bisa membuat foto anda menjadi foto sepia atau BW secara instan dalam sekejap. Photoshop action ini bisa didownload di beberapa portal web free Photoshop element seperti free brush, free gradation, atau free shape. Membuat foto anda menjadi foto dengan efek retro pun bisa anda lakukan. Coba action yang satu ini, 50 PS Postwork Actions, ini action yang lengkap dan saya sangat suka menggunakannya. 

Jika sudah didownload, actions tersebut harus diinstal di dalam Photoshop. Caranya dengan meload actions tersebut di kolom "actions". 

Menampilkan kolom action pada Photoshop
Action dapat dipilih di kolom Window. Setelah action terseleksi, lalu klik panah di pojok kanan atas, lalu pilih "Load Actions". Pilih action yang sudah kamu download tadi -pilih 50 Postwork ya-, lalu kemudian action siap digunakan. Pilih jenis filter sesuai yang kamu inginkan. Ingin mengubah fotomu jadi foto sepia, pilih filter "Smart Sepia", seleksi smart sepia dan klik play di bagian bawah kolom. Voila, fotomu menjadi sepia dalam sekejap. 

Pilih "load action" pada kolom action
Tambah filter smart sepia
Bagaimana? Mudah kan. Silahkan dicoba. Pokoknya cara ini sudah saya sebar pada teman-teman yang ingin belajar memanipulasi foto dalam waktu singkat. Nah apapun itu, saya juga sebenarnya belum profesional. Saya juga belajar sendiri alias otodidak, dengan berbekal tutorial-tutorial yang saya download di internet dan saya praktekan sesudahnya. Indeed ini menyenangkan. While, that's my short experience. Hope you can be more creative with your own style. :-*

The photographer, Narendro Arifia. I made him glowing in the dark too
author image

ABOUT ANISSA

Anissa is a researcher and lifestyle blogger living in Jakarta. She writes mostly about her passions, which range from travelling, blog tutorial, study tips and her favourite homemade recipes!

Post a Comment

Follow My Instagram

© A Little Bit of Nisa. Design by Fearne.