Thursday, November 22, 2018

“Karena Ngeblog itu Asyik!”



Siapa yang setuju dengan judul di atas? Ayo, ngacung!

Buat kamu yang seorang blogger, kamu pasti percaya kalau menulis blog itu adalah aktivitas yang mengasyikkan. Bagaimana tidak? Kamu bebas mengekspresikan apapun yang ada di dalam pikiranmu. Mau itu tentang curhatan konyolmu tentang pekerjaan, inspirasi berpakaianmu saat liburan, ulasan tentang kedai kopi kekinian favoritmu, atau tips seputar mengelola keuanganmu di rumah yang menurutmu orang lain perlu tahu. Yes, sebanyak itu hal yang bisa kamu tulis dalam sebuah blog.

Tapi sebenarnya ada hal lain yang membuat ngeblog itu kegiatan yang asyik yang patut kamu coba walaupun itu hanya sekali dalam hidupmu. 



Blogging makes you creative



Ketika pertama kali saya memutuskan ngeblog tahun 2011, blog saya sebenarnya berisi kumpulan cerita flashfiction bertemakan cinta, keluarga dan persahabatan. Ajakan menulis pun datang dari sahabat SMA saya yang lebih dulu memiliki blog. Sejak saat itu, saya sering ikut serta dalam berbagai sayembara dan kompetisi menulis, serta tergabung dalam beberapa project buku antologi. Meskipun pada akhirnya, saya tidak berhasil dan belum ada satupun cerita yang saya tulis diterbitkan dalam sebuah buku, he he he.

Menulis itu ibarat pisau. Jika tidak diasah akan tumpul dan berkarat

via GIPHY

Nggak apa-apa juga sih, toh saya tetap bahagia karena jadi orang yang lebih kreatif. Saya jadi sering mencari ide untuk bahan tulisan. Bahkan, saya pernah menggunakan pengalaman pribadi saya sebagai ide cerita flashfiction saya kala itu. Jadi, sebagai seorang blogger, saya selalu berusaha agar blog saya menarik untuk dibaca oleh orang lain. Nah, di situlah saya termotivasi untuk menuliskan sesuatu yang tidak membuat orang lain bosan, tapi juga tidak meninggalkan karakter saya dalam setiap tulisan. Contohnya artikel tentang pengalaman saya mengajar sehari di Kelas Inspirasi Jakarta tahun 2015 lalu. 



Blogging brings a friendship


Ini dia nih berkah yang saya dapatkan sejak ngeblog. Punya kenalan atau teman baru, siapa yang nggak senang ‘kan? Sejujurnya, sudah banyak teman yang saya dapatkan karena menulis blog. Entah karena saling ketemu di event blogger, kenalan di dunia maya seperti Instagram atau Twitter, sesama blogger yang saling blogwalking, atau bahkan pembaca setia yang tiba-tiba berujung dengan mengirimkan email untuk tanya-tanya terkait artikel saya di blog. Yup, semudah itulah saya mendapatkan teman baru hanya dengan menulis blog. Yang asyik dari ngeblog ya ini, menjalin pertemanan dengan siapapun di luar sana. Tak jarang dari pertemanan itulah, saya juga jadi banyak belajar untuk menulis lebih baik lagi, nggak cuma dari sesama blogger tapi juga dari pembaca.

via GIPHY




Blogging is a therapy


Bagi saya, ngeblog itu obat yang mujarab untuk menghilangkan kejenuhan. Ngeblog itu salah satu cara ampuh untuk melepaskan segala beban pikiran. Saya seperti masuk ke dunia yang berbeda yang membuat saya seketika sejenak melupakan segala deadline kerjaan yang menumpuk di kantor atau masalah yang lagi bikin saya pusing. Apalagi kalau ada pembaca yang tiba-tiba kasih komentar, wah saya happy deh. Jadi, buat kamu yang lagi bosan atau mumet sama kerjaan kamu, yuk nulis. Siapa tahu beneran langsung sembuh, he he he. 

via GIPHY


Blogging makes money


Ini dia alasan terakhir yang membuat saya ingin terus menulis blog, meskipun saya masih suka angot-angotan. Di jaman sekarang ini, blogging bukan hanya sebatas hobi tetapi juga pekerjaan yang sangat menjanjikan. Buktinya banyak blogger di luar sana yang berhasil sukses mengumpulkan pundi-pundi uang hanya dari menulis blog. Bahkan ada yang sudah sampai menjadi influencer dan dikenal oleh banyak orang. Jadi semacam artis, begitu, he he he. Tapi kesempatan ini tentunya juga nggak mau saya lewatkan. Lumayan ‘kan dapat sedikit pemasukan dari hanya berbekal ngeblog.

Semenjak mengubah niche blog dan memakai domain sendiri di tahun 2016, alhamdulilah saya sudah beberapa kali mendapat tawaran kerjasama berbayar oleh agensi dan platform blogger. Komisinya mungkin tidak terlalu besar, tapi itu pun sudah lumayan dan membuat saya bahagia. Maklum saja, saya 'kan masih pemula dalam hal mendapatkan uang dari blog (baca: monetize). Semua itu memang tergantung keaktifan dalam menulis. Semakin aktif menulis, semakin banyak juga tawaran kerjasama yang akan datang menghampiri. Saya sendiri masih harus berjuang supaya bisa seperti blogger-blogger kece di luar sana yang sudah menjadikan blogger sebagai salah satu profesi mereka. Yang artinya, semakin banyak juga pemasukan yang mereka terima dari ngeblog. Wah, asyik ya?



Ya sudah, yuk cus mulai ngeblog. Saya rasa alasan-alasan di atas sudah bisa meyakinkan teman-teman untuk mulai menulis. Ya nggak? Saya harap begitu, he he he. Oke, selamat menulis ya!

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya. Silahkan berikan tanggapan atau pertanyaan di kolom komentar.

Latest Instagrams

© A Little Bit of Nisa. Design by FCD.