Thursday, August 23, 2018

Pilihan Busana Kerja Kekinian Nan Modis bagi Wanita Muslimah




Assalamu'alaikum. Hai, ladies!

Memiliki baju kerja yang nyaman dipakai sehari-hari namun tetap terlihat modis untuk ke kantor tentunya jadi kebutuhan wajib bagi kaum wanita, khususnya wanita muslimah. Kewajiban untuk menutup aurat membuat seorang muslimah dituntut untuk berbusana lebih tertutup. Dahulu, busana muslim mungkin hanya digunakan di beberapa kesempatan saja, misalnya saat acara-acara keluarga, arisan atau pengajian. Namun, kini melihat wanita yang menggunakan busana muslim ke kantor adalah sesuatu yang biasa. Tentu saja, busana kerja muslim yang dipilih harus disesuaikan lagi ya. Apalagi saat ini banyak baju kerja kekinian cakep-cakep yang mengundang hasrat untuk belanja, he he he. Lantas, busana muslim kekinian seperti apa yang kira-kira pantas dan bikin kamu terlihat modis saat ke kantor, dan bagaimana tips memilih busana tersebut? So, ladies, please check it out!




Blouse Tunik – Si Basic yang Tetap Bikin Chic


Menurut saya, slogan ini pantas diberikan, karena blouse wanita buat saya memang nggak ada matinya. Apalagi saat ini banyak model-model kekinian yang bertebaran di tempat belanja online dan Instagram. Uh, pokoknya kalau sudah lihat jadi pengen dibeli deh. Pengalaman soalnya, he he he. Blouse wanita dengan model tunik adalah salah satu yang memiliki banyak penggemar. Saya pun sering mengenakan tunik saat berada di kantor. Yang saya suka adalah baju ini biasanya memiliki ukuran yang cukup panjang (long over-size), tidak membentuk lekuk tubuh, serta model dan motifnya selalu update. Tunik bermotif bunga dan tunik batik adalah dua jenis tunik yang tak pernah lekang oleh waktu. Baju ini tentunya bisa kamu padu padankan dengan rok lurus atau pants (celana) yang tidak memiliki potongan yang lebar.


Hanya saja, kamu juga perlu mempertimbangkan hal lain sebelum menggunakan tunik. Pilihlah tunik dengan potongan lengan yang panjang. Ada kalanya busana memiliki lengan 3/4. Perhatikan juga soal bahannya. Katun dan linen adalah dua bahan yang biasanya sering dipilih karena unsur kenyamanannya. Selain itu, pilihlah baju dengan bahan yang tidak terlalu tipis dan tembus pandang. Dengan begitu, kamu akan merasa lebih nyaman saat berada di kantor dan nggak jadi bahan perhatian oleh banyak pasang mata karena baju kamu yang ketipisan dan menerawang. Ups!


Blazer – Pelengkap Baju yang ‘Itu-itu Aja’


Adakah yang merasa hal ini juga? Mungkin buat kamu yang tidak memiliki banyak stok busana kerja, pasti sering diledek memakai baju yang itu-itu aja sama rekan kerja, he he he. Jangan sedih dulu, dong! Kalau kamu sering dilanda kebingungan karena punya baju kerja yang itu-itu aja, maka salah satu solusinya adalah dengan mengenakan blazer yang berbeda-beda. Dengan penambahan blazer, maka kamu akan memberi kesan yang berbeda dan terlihat tidak membosankan. Kamu pun akan tampil cantik namun tetap formal, dan tentunya tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk membeli baju. Jadi, kehadiran blazer tidak selalu menjadi aksen pemanis dalam busana kerja, tapi juga membuat kamu terlihat lebih profesional.



Nah, untuk memilih blazer, kamu perlu mempertimbangkan material bahan. Bahan blazer yang sebaiknya kamu pilih yaitu bahan yang lembut, tidak kaku, tidak gampang kusut dan juga bisa menyerap keringat. Ukuran dan warna blazer juga tak kalah pentingnya, ladies. Hindari memilih blazer yang terlalu kecil ataupun terlalu longgar, jadi sesuaikan saja dengan ukuran tubuh kamu. Warna-warna yang netral seperti hitam atau putih adalah pilihan yang paling pas karena bisa disesuaikan dengan warna baju inner kamu. Namun, warna-warna pastel yang cerah seperti biru muda, merah muda atau yang bermotif sekali pun sudah sangat kekinian kok. Asalkan tetap cocok dipadukan dengan inner-nya ya. Untuk baju inner-nya sendiri bisa kamu gunakan kemeja atau blouse wanita, sedangkan bawahannya bisa kamu gunakan rok atau celana baik yang lurus maupun celana bermodel pipa, seperti kulot.


Gamis – Tetap Tampil Syar’i saat ke Kantor


Suka memakai gamis saat bekerja di kantor? Nah, sekarang ini mengenakan gamis saat ke kantor sepertinya sudah dianggap biasa ya. Meskipun beberapa kantor masih ada yang memiliki kebijakan melarang pegawainya untuk memakai gamis saat bekerja, tapi menurut saya pribadi mengenakan gamis saat di kantor itu sah dan pantas-pantas saja. Apalagi model gamis yang kekinian sekarang ini ‘kan bagus-bagus ya, motifnya juga lebih menarik dan tidak monoton. Lalu, sebaiknya gamis seperti apa sih yang cocok digunakan saat ke kantor? Saran saya, pakailah gamis polos tanpa atau dengan sedikit motif, sebab gamis-gamis bermotif umumnya memang cenderung menarik perhatian. Kalau terlalu bermotif, nanti kamu justru akan ditanya, “Eh, mbak-nya mau kerja apa jalan-jalan?”, “Mau kondangan ya? Gamisnya rame bener”.


Terus gimana dong caranya biar gamis yang kamu kenakan nggak terlihat monoton? Salah satu solusinya adalah dengan menggunakan kerudung cantik bermotif dan aksesoris seperti bros. Selain itu, perhatikan ukuran gamis yang akan kamu pakai. Jangan gunakan gamis yang terlampau ketat apalagi sampai memperlihatkan lekuk tubuh. Memadukan gamis dengan luaran (outer) seperti blazer, bolero atau cardigan juga bisa kamu andalkan agar kamu tetap terlihat modis dan profesional tanpa meninggalkan kesan syar’i.

Nah, itu tadi tips dari saya buat kamu muslimah yang ingin tetap tampil modis dengan busana kerja muslim kekinian. Semoga bermanfaat ya!

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya. Silahkan berikan tanggapan atau pertanyaan di kolom komentar.

Latest Instagrams

© A Little Bit of Nisa. Design by FCD.