Wednesday, June 27, 2018

Lebaran telah Usai, Sudah Saatkah Klaim Asuransi Kendaraanmu?


Tak terasa, libur lebaran sudah selesai. Tandanya, kita akan kembali menghadapi aktivitas masing-masing. Nah, kalau kamu sempat mudik ke kampung halaman menggunakan kendaraan pribadi, seperti mobil, maka kamu lebih baik tak lupa untuk mengurus segala hal yang berkaitan dengan kendaraan kamu. Setelah kendaraan kamu dibawa menempuh perjalanan jauh, pasti ada saja risiko yang ditimbulkan, baik itu lecet akibat saling bersenggolan dengan kendaraan lain saking padatnya kendaraan di jalan, maupun kerusakan akibat kecelakaan. Kamu tentu ingin ‘kan penampilan mobilmu balik lagi seperti semula?

Untungnya, jika kamu sudah mengasuransikan kendaraanmu, risiko kerugian yang timbul tersebut bisa dialihkan ke pihak perusahaan asuransi, karena nantinya mereka lah yang akan menanggung risiko terhadap kendaraanmu. Kalau begitu, sudah tepatkah untuk mengklaim asuransi mobil setelah mudik lebaran? Jawabannya, YA! Kamu tentu saja bisa menggunakan waktu tersebut untuk menerima manfaat dari asuransi kendaraan yang kamu miliki. Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum mengajukan klaim asuransi kendaraan. 


Pelajari Prosedur Pelaporan Klaim


Pihak perusahaan asuransi biasanya menetapkan batas maksimal pelaporan klaim maksimal 3x24 jam setelah kejadian. Tapi, ada juga beberapa perusahaan yang memberi tenggang waktu lebih lama agar dapat mengajukan klaim. Selain laporan yang segera, kamu juga biasanya akan diminta untuk melengkapi bukti-bukti dengan menyertakan foto kerusakan pada mobil setelah kejadian, sehingga pihak perusahaan asuransi bisa melihat kondisi terakhir mobil kamu dan seberapa besar kerusakan yang terjadi.


Pelajari juga dokumen-dokumen pendukung lainnya seperti salinan polis asuransi yang menjadi acuan mengenai besaran premi asuransi mobil yang telah kamu bayarkan selama ini, fotokopi SIM dan STNK, serta surat keterangan dari kepolisian setempat. Upayakan untuk mencatat nomor polis asuransi kendaraan kamu sebelum berangkat ke kampung halaman, sehingga kamu bisa melakukan proses klaim sewaktu-waktu jika terjadi keadaan darurat.

Lalu, bagaimana jika kejadian kerusakannya terjadi di luar kota saat mudik? Kamu bisa segera menghubungi nomor call center kantor cabang asuransi terdekat. Usahakan juga ya untuk menanyakan kepada operator tentang apa saja layanan yang tersedia di kota tersebut.


Cek Kerusakan pada Kendaraan


Sesaat setelah kejadian kecelakaan terjadi, cek bagian mana saja pada mobil kamu yang mengalami kerusakan. Bila kerusakan mobil tidak begitu parah seperti tergores atau penyok, dan mobil masih bisa berjalan, mungkin kamu cukup melapor saja pada pihak perusahaan asuransi. Mobil kemudian dapat diperbaiki sepulang mudik.

Photo credit: pixabay

Namun, bagaimana kalau kerusakannya terlanjur parah dan kamu masih berada di luar kota? Gunakan jasa bengkel rekanan yang telah ditunjuk oleh perusahaan asuransi yang lokasinya dekat dengan kota dimana kamu berada. Jangan lupa untuk menanyakan berapa lama kira-kira waktu pengerjaan perbaikannya, karena dengan begitu kamu bisa memastikan apakah waktu perbaikannya akan mengganggu jadwal mudik kamu atau tidak. Oh ya, satu lagi. Jangan pernah memasukkan mobil kamu ke bengkel sebelum kamu mendapatkan persetujuan dari pihak asuransi. Jika hal ini terjadi maka bisa jadi pihak asuransi tidak akan bersedia membayar risiko tersebut.

***

Kalau kamu sudah tahu hal-hal apa saja yang perlu kamu perhatikan saat mengajukan proses klaim asuransi mobil, kamu pun perlu memastikan dulu apakah produk asuransi yang kamu miliki memang memiliki fitur-fitur yang tepat untuk mudik Lebaran. Apa sajakah itu?

Pertama, pastikan bahwa produk asuransi kendaraanmu memiliki fitur Emergency Road Assistance. Selama dalam perjalanan mudik, kamu tidak akan tahu kendala apa saja yang bakal menghampiri. Mobil yang tiba-tiba mogok yang membutuhkan jasa mobil derek, kecelakaan yang menyebabkan kamu harus segera dilarikan ke rumah sakit, ataupun keadaan darurat lainnya mungkin saja terjadi. Untuk itu, memilih asuransi mobil yang menyediakan fasilitas untuk keadaan darurat di perjalanan sangat diperlukan, lho!

Kedua adalah fitur klaim asuransi dengan aplikasi mobile. Hal ini penting lho, mengingat pada saat mudik, kita tidak akan punya cukup waktu untuk mengurus klaim asuransi. Layanan klaim aplikasi di smartphone tentunya akan memudahkan kamu melakukan pelaporan klaim secara langsung dengan mudah dan cepat.

Nah, jika kamu masih bingung memilih produk asuransi mobil yang tepat, Futuready bisa jadi andalanmu. Futuready adalah supermarket asuransi online berlisensi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang bisa kamu gunakan untuk mencari, membandingkan dan membeli berbagai produk asuransi, mulai dari asuransi kendaraan, asuransi perjalanan, asuransi kecelakaan hingga asuransi kesehatan.


Jadi, Futuready tidak membuat produk asuransi sendiri, melainkan menjual produk asuransi dari berbagai macam provider, seperti AXA, ACA, Adira, Malacca Trust, Avrist, dan masih banyak lagi. Setiap perusahaan asuransi pastinya akan memberikan penawaran premi asuransi mobil dan manfaat yang berbeda-beda. Jadi jika kamu baru akan membandingkan produk asuransi yang satu dengan yang lain, kamu cukup mengunjungi situs Futuready di gadget kamu. Nggak pake repot ‘kan?

Apalagi di Futuready, kamu bisa melakukan transaksi pembelian asuransi langsung secara online. Biaya premi asuransi mobil yang harus dibayarkan juga dapat diketahui dengan mudah di sini. Ketika pengajuanmu disetujui, maka polis elektronik akan langsung aktif, dan langsung dikirimkan via email. Selain itu, proses klaim asuransi di Futuready ternyata juga mudah, hanya dengan melalui telepon ke operator atau aplikasi mobile.

Jadi, bagaimana? Apakah kamu berencana untuk mengajukan klaim asuransi kendaraanmu dalam waktu dekat? Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya. Silahkan berikan tanggapan atau pertanyaan di kolom komentar.

Latest Instagrams

© A Little Bit of Nisa. Design by FCD.