Tuesday, May 01, 2018

Resep: Peanut Butter Vegetarian Ramen



Assalamu’alaikum. 

Hello, foodies!

Masih bicara tentang kuliner Jepang, kali ini saya akan share pengalaman saya dalam membuat ramen untuk pertama kalinya. Bukan sembarang ramen ya karena ramen yang saya buat kali ini adalah ramen vegetarian. Wah, kayak apa ya rasanya? Hmm, enak deh pokoknya! He he he. Saya nggak bohong, lho! 

Beda dengan ramen pada umumnya, ramen yang saya buat ini tidak menggunakan kaldu hewani seperti kaldu sapi, ayam atau ikan, melainkan menggunakan kaldu jamur dan ditambah dengan bahan dasar spesial, yaknSKIPPY Peanut Butter! Sudah kebayang belum bagaimana rasanya?


Well, ide masakan ini saya peroleh ketika saya menikmati ramen di salah satu restoran vegan di Jakarta. Saat itu, saya penasaran dengan rasa kuah ramen tersebut karena rasanya tidak seperti kuah ramen yang biasa saya cicipi di restoran Jepang. Kuah kaldunya memiliki nutty flavour yang berbeda dengan rasa kuah miso. Saya sangat suka. Meskipun tidak menggunakan kaldu hewani, tetapi rasa kuah kaldunya tetap umami.    






Sejak saat itu, saya penasaran untuk mencoba membuat ramen vegetarian di rumah. Berbekal beberapa resep ramen vegetarian dan vegan yang saya browse di internet, akhirnya saya berkreasi memasak ramen menggunakan selai SKIPPY. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Yuk, dicatat resepnya lalu silahkan buktikan sendiri ya di rumah. Saya jamin kamu akan terkaget-kaget dengan rasanya. It is delicious, yet creamy!






PEANUT BUTTER VEGETARIAN RAMEN 


Bahan-bahan

Kuah ramen

300 gram mie ramen kering/basah (saya menggunakan mie soba)
50 gram tofu, tiriskan lalu iris persegi
½ buah bawang bombai, rajang dadu
3 siung bawang putih
2 buah cabai merah
2 cm jahe segar, dikeprek
½ sdt bubuk cabai
2 sdm minyak untuk menumis
800 ml air
1 sdm minyak wijen
2 sdm kecap asin (saya pakai liquid aminos)
4 sdm SKIPPY Peanut Butter Creamy
4 sdt kaldu jamur bubuk
Daun mint, secukupnya (kira-kira segenggam)
Garam, secukupnya
Gula, secukupnya 


Pelengkap

Daun bawang, iris tipis bagian batangnya
Jamur kuping, rendam sebentar lalu iris tipis memanjang
Jagung pipil yang sudah direbus
Bok choy yang sudah direbus
Telur rebus
Nori kering


Cara membuat

  1. Panaskan minyak dan tumis sebentar bawang bombai dan jahe hingga harum. Masukkan bawang putih dan cabai merah yang telah dihaluskan dan tumis bumbu tersebut hingga harum.
  2. Didihkan air. Jika air sudah mendidih, masukkan tumisan bumbu ke dalamnya.
  3. Tambahkan minyak wijen, kecap asin/liquid aminos dan kaldu jamur, lalu masukkan SKIPPY Peanut Butter Creamy. Masak kuah sambil sesekali diaduk dengan api sedang hingga mendidih. Bumbui dengan garam dan gula pasir, kemudian masukkan daun mint. Masak sebentar hingga mendidih, lalu matikan api.
  4. Siapkan ramen/soba yang sudah direbus setengah matang. Saat menghidangkan, ambil beberapa sendok sayur kuah ramen dan panaskan di panci terpisah. Masukkan mie ramen/soba dan tofu kemudian masak hingga mendidih.
  5. Tata mie ramen/soba dan tofu di dalam mangkuk. Tuang kuah kaldu di atasnya. Tambahkan bahan-bahan pelengkap seperti jagung pipil, bokchoy, irisan jamur kuping, telur dan selembar nori. Taburi ramen dengan irisan daun bawang di atasnya, lalu hiasi dengan daun mint. Ramen siap disantap.

Catatan:
  • Karena resep ini adalah resep ramen vegetarian, maka saya masih menggunakan bahan pelengkap seperti telur. Jika ingin membuatnya dalam versi vegan, maka telur bisa dihilangkan dan bahan pelengkapnya bisa ditambah dengan berbagai macam sayur-sayuran, misalnya wortel atau toge.
  • Jika kamu menyukai rasa kuah yang lebih pedas, kamu bisa menaburkan bubuk cabai ke dalam ramen.
  • Kuah kaldu yang saya buat terbilang sederhana. Jika ingin mendapatkan kuah kaldu yang memiliki lebih banyak citarasa, maka bisa menggunakan kaldu sayur.



Wah, asyik ya! Kamu ternyata bisa mengolah berbagai jenis masakan dan menu makanan yang nikmat dengan selai SKIPPY, baik menu sarapan, makan siang atau malam, camilan hingga minuman. Belum ada ide? Tenang saja! Berbagai resep olahan SKIPPY Peanut Butter bisa kamu lihat di situs SKIPPY, ataupun media sosial, seperti InstagramFacebook maupun Twitter. Selamat berkreasi ya! 








Disclaimer: Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan dan Praxis sebagai perwakilan SKIPPY® Peanut Butter Indonesia.

2 comments

  1. Wah yang ini keren banget nih, belum pernah juga cobain makanan jepang, penasaran jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mas. Kalau penasaran, boleh dicoba lho resepnya!

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya. Silahkan berikan tanggapan atau pertanyaan di kolom komentar.

Latest Instagrams

© A Little Bit of Nisa. Design by FCD.