Saturday, February 17, 2018

Gluten-free Banana Cake (Bolu Pisang Tanpa Gluten)




Assalamu'alaikum.

Hello everyone! It's been a while ya sejak postingan terakhir. Karena kesibukan pekerjaan dan kondisi kesehatan yang sempat drop hampir sebulan, saya jadi sedikit vakum dari dunia sosmed dan blogging. Tak mau berlama-lama menghilang, saya hadirkan resep sehat buat kalian para pembaca sekalian.

Masih ingat saya pernah posting resep Banana Bread versi gluten-free? Kalau tidak ingat, resepnya bisa kalian baca di sini. Resepnya kebetulan pakai bahan-bahan kue yang waktu itu lagi ada di rumah, dan adanya tepung sorghum sama tepung ararut (duh, pasti penasaran, apa ya itu? he he). Akhirnya memutuskan pakai kedua tepung itu sambil utak-atik resep orang. Resepnya berhasil, tapi tetap masih ada yang kurang kalau menurut saya. Saya belum dapat tekstur yang pas seperti kue bolu gluten pada umumnya.

Nah, kali ini, saya mau share lagi resep bolu pisang, tapi menggunakan tepung yang berbeda, yaitu tepung mocaf atau modified cassava flour. Mungkin banyak dari kalian yang belum pernah dengar jenis tepung ini ya. Tepung apa lagi sih itu? He he. Sebenarnya tepung mocaf adalah bahan alternatif pengganti tepung terigu yang memiliki karakteristik paling mirip dengan terigu sendiri. Meskipun kandungan protein pada mocaf tidak sebanyak terigu, tapi kandungan karbohidratnya sama tingginya dengan terigu. Apalagi tepung ini gluten-free sehingga cocok dikonsumsi oleh mereka yang alergi atau sensitif terhadap gluten, seperti saya. Sama halnya dengan tepung beras, mocaf ini juga relatif lebih mudah ditemukan di Indonesia. Bahkan ada salah satu merek tepung mocaf buatan dalam negeri yang sudah sangat dikenal oleh masyarakat.

Oke, balik lagi ke resep bolu pisang, resep ini bisa dibilang berhasil saya taklukkan (alhamdulillah, finally!). Teksturnya lembut, sangat empuk dan menul-menul layaknya kue bolu berbahan dasar terigu pada umumnya. Kalian pasti tidak akan bisa membedakan kalau kue ini bukanlah kue terigu biasa. Pisangnya juga terasa sekali. Patut dicoba kalau kalian sekali-kali mau buat kue dengan bahan dasar yang berbeda daripada biasanya. So, give it a try, guys! :)



GLUTEN-FREE BANANA CAKE (BOLU PISANG TANPA GLUTEN)

Print Friendly Version of this pagePrint Get a PDF version of this webpagePDF

Bahan-bahan:

90 gram tepung singkong/mocaf 
10 gram tepung maizena
3 butir telur, suhu ruang
1 butir putih telur, suhu ruang
50 gram gula pasir
1/4 sdt garam
75 gram margarin, lelehkan
1/2 sdt esens vanili125 gram pisang ambon/barangan 


Cara membuat:
  1. Lumatkan pisang dengan garpu hingga lembut, lalu campurkan dengan margarin yang sudah dilelehkan. Aduk rata. Sementara itu, siapkan campuran bahan kering seperti tepung singkong, maizena dan garam. Aduk.
  2. Kocok putih telur dengan sedikit garam hingga kaku (soft peak). Sisihkan.
  3. Kocok telur dan gula pasir dengan mixer berkecepatan tinggi hingga mengembang dan kaku (berjejak). Masukan campuran tepung, aduk dengan spatula hingga rata. Tambahkan campuran pisang dan margarin, lalu aduk rata.
  4. Terakhir, masukkan kocokan putih telur. Aduk dengan cara aduk balik (folding*) menggunakan spatula. Perhatikan saat mengaduk, jangan terlalu sering, cukup sampai putih telur tercampur rata dengan adonan.
  5. Tuang adonan ke dalam loyang bolu yang sudah diolesi margarin. Panggang di oven dengan suhu 175-180°C selama 30-35 menit. Cek kematangan kue dengan menggunakan tusukan. Jika sudah matang, matikan kompor. Dinginkan baru keluarkan dari loyang. 

* Tips:
  • Folding adalah teknik mengaduk adonan, terutama untuk mencampurkan dua adonan yang berbeda konsistensinya, yaitu antara adonan yang ringan dan penuh udara dengan adonan yang lebih padat dan kental, contohnya adonan putih telur yang sudah kaku dicampurkan ke adonan campuran terigu, kuning telur, gula dan minyak/margarin.
  • Folding ini biasanya digunakan dalam proses pembuatan chiffon cake dan sponge cake
  • Gerakan folding seperti membalik/melipat adonan dan umumnya searah jarum jam. Caranya, spatula menyusuri dasar mangkuk/wadah ke arah belakang, kembali ke atas sambil adonan dibalik atau ‘dilipat’ ke depan. Supaya lebih jelas, kalian bisa lihat video cara aduk-balik di sini.





Salam hangat,

Anissa Rizkianti

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya. Silahkan berikan tanggapan atau pertanyaan di kolom komentar.

Latest Instagrams

© A Little Bit of Nisa. Design by FCD.