Tuesday, November 21, 2017

Gluten Free Banana Bread



Banana bread a.k.a bolu pisang adalah salah satu kue favorit saya. Kue jenis ini memiliki tekstur yang padat dengan rasa dan aroma pisang yang kuat.  Rasa manis dan legitnya pisang membuat saya selalu kangen makan kue ini. Belum lagi, cara membuat kue ini juga tergolong mudah, mirip seperti membuat kue brownies. Semua bahan tinggal dicampur menjadi satu, tanpa menggunakan mikser. Kadang saya juga membuatnya dalam versi lain, seperti muffin atau cupcake. Keduanya pun punya tekstur yang sama dengan banana bread. Hanya bedanya, cupcake biasanya dibuat tidak terlalu manis, karena akan ditambah dengan bermacam-macam frosting.

Bahan utama untuk membuat banana bread tentu saja pisang. Pisangnya jenisnya apa? Apa saja boleh kok. Pisang yang paling sering digunakan untuk membuat kue ini adalah pisang ambon karena rasanya manis, teksturnya lembut, serta aroma pisangnya kuat, sedangkan jenis pisang lainnya yang juga cocok adalah pisang raja dan pisang barangan. Agar tekstur kue lembut dan aroma pisangnya kuat, pilih pisang yang sudah matang. Lebih bagus lagi jika memakai pisang yang sudah terlalu matang, atau biasanya ditandai dengan munculnya bintik-bintik coklat di permukaan kulit pisang. 





Selain itu, penggunaan bahan cair seperti susu juga akan membuat kue ini menjadi lembab. Susu cair yang digunakan bisa berupa susu sapi (dairy milk) atau susu non-dairy seperti almond milk (susu almond), coconut milk (santan kelapa) atau soya milk (susu kedelai). Sebagai campuran, banana bread biasanya dicampur dengan bahan-bahan pelengkap lain, contohnya kacang-kacangan (kacang tanah, almond, walnut, pecan), chocolate chip dan raisins atau buah-buahan kering.  

Nah, kali ini saya membuat original banana bread bebas gluten dengan menggunakan campuran tepung sorghum, tepung ararut (arrow root) dan sedikit tapioka. Kamu juga bisa menggunakan campuran tepung bebas gluten lain (artikel menyusul ya...). Jenis pisang yang saya pakai kebetulan adalah pisang barangan. Meskipun tidak menggunakan tepung terigu, kue ini juga menghasilkan tekstur yang sama. Silahkan disimak resepnya di bawah ini. Selamat mencoba! 😃



GLUTEN FREE BANANA BREAD
Print Friendly Version of this pagePrint Get a PDF version of this webpagePDF

 
Bahan-bahan:
1 cup pisang baranang yang sudah matang, lumatkan dengan garpu
1 1/4 cup tepung sorghum
1/3 cup tepung ararut/pati arut/arrow root
1 sdm tepung tapioka
1 sdm kayumanis bubuk
3/4 sdt xanthan gum
1 sdt baking powder
1/2 sdt baking soda
1/2 sdt garam
1/2 cup gula pasir
1/2 cup gula palm (brown sugar)
1/3 cup minyak zaitun, atau bisa diganti dengan minyak canola/margarin cair
2 butir telur
2/3 cup susu santan kelapa, atau bisa diganti dengan susu sapi cair/susu almond
1 sdt ekstrak vanila


Cara membuat:
  1. Campur jadi satu bahan-bahan kering, seperti tepung sorghum, tepung ararut, tapioka, xanthan gum, baking powder, baking soda, kayu manis bubuk, garam, gula pasir dan gula palem dalam wadah. Aduk hingga tercampur rata dan pastikan tidak ada gumpalan-gumpalan tepung atau gula. Sisihkan.
  2. Sementara itu, kocok telur dengan whisk hingga sedikit berbusa. Masukkan bahan-bahan basah yang lain, seperti minyak, susu santan dan ekstrak vanila. Campur jadi satu keempat bahan tersebut kemudian masukkan pisang yang sudah dilumatkan. Aduk rata lalu masukkan campuran tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan spatula. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur. 
  3. Siapkan loyang loaf berukuran medium 20 cm yang sudah diolesi dengan minyak zaitun. Masukkan adonan ke dalam loyang dan ratakan.
  4. Panaskan oven dengan suhu 175 derajat Celcius. Panggang adonan selama 50 menit hingga matang (pastikan adonan tidak lengket pada tusukan lidi). Dinginkan sebentar sebelum dipindahkan pada piring saji, lalu potong-potong sesuai selera.

Tips:
  • Tepung ararut dapat diganti dengan tepung beras dengan takaran yang sama
  • Jika ingin membuat dengan tepung terigu, maka semua tepung non-gluten dapat diganti dengan tepung terigu sebanyak kurang lebih 2 1/2 cup, dan xanthan gum perlu dihilangkan dalam resep.
  • Jika ingin membuat yang vegan, maka telur dapat diganti dengan campuran flax seed dan air matang, dengan perbandingan 2 sdm flax seed + 3 sdm air. Aduk rata lalu diamkan sejenak selama 10-15 menit hingga campuran flax seed bertekstur kental.
  • Resep dapat ditambahkan dengan berbagai isian seperti taburan kacang-kacangan (kacang tanah, almond dan walnut) atau chocolate chip.




 

1 comment

  1. Aku baca ini sambil nelen ludah, lagi puasa soalnya hahaha
    Kayaknya pulang ngantor hari ini aku mau belanja deh, ingin bikin bolu pisang juga jadinya :D

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya. Silahkan berikan tanggapan atau pertanyaan di kolom komentar.

Latest Instagrams

© A Little Bit of Nisa. Design by FCD.