Sunday, July 23, 2017

Resep Ayam Masak Hijau Kemangi



Hai! Kembali lagi ke dapur, rasanya senang banget! (He he he, hobi banget ya saya masak) Saya bahagia karena hari ini saya bisa memasak salah satu masakan favorit keluarga, yaitu Ayam Masak Hijau Kemangi. Resep ini kebetulan sudah sering saya dan Mama masak. Saat bulan Ramadhan lalu pun, kami beberapa kali memasaknya sebagai sajian sahur dan berbuka.

Pada awalnya, resep ini sengaja diciptakan Mama dan saya karena kami berdua pecinta cabai hijau dan daun kemangi. Rasanya, semua masakan yang dikasih daun kemangi pasti enak. Setuju 'kan? He he he. Nah, kali ini saya buat dengan bahan dasar ayam. Biasanya saya juga pakai ikan, terutama ikan asap. Tapi karena kebetulan saya lagi punya persediaan ayam di kulkas, akhirnya saya gunakan ayam. 

Ayamnya pun bukan sembarang ayam lho! Saya menggunakan ayam potong dari SO GOOD. Kenapa saya memilih ayam potong SO GOOD? Pertama, ayam potong SO GOOD itu berkualitas dan segar. Kedua, ayam-ayam tersebut dikembangbiakkan secara sehat tanpa suntikan hormon. Ketiga, ayam-ayam yang sudah dikembangbiakkan kemudian dipotong melalui proses pemotongan yang halal dan bersih sehingga tidak perlu dicuci pada saat dimasak. Selain itu, ayam potong SO GOOD sangat praktis karena memiliki beberapa varian potongan yang sesuai dengan kebutuhan keluarga, mulai dari daging ayam potong utuh, daging ayam khusus paha dan dada serta daging potong untuk sup. Kalau dilihat dari ukuran daging ayamnya juga mantap lho!

Oh ya, ngomong-ngomong soal masakan ini, selain rasanya yang enak, segar dan cukup pedas (saya tahu banyak orang Indonesia yang doyan masakan pedas), masakan ini juga mudah dibuat. Kamu nggak perlu khawatir mencari bahan-bahannya karena bahan-bahannya nggak terlalu sulit untuk dicari di pasar hingga warung sayur. Pokoknya dijamin gampang dan pastinya kamu pengen nambah nasi terus deh, he he he.

Jadi penasaran sama resepnya? Yuk, disimak! Mudah-mudahan malam ini atau besok udah ada yang coba di rumah ya! Kalau kamu ingin tahu lebih banyak produk ayam potong SO GOOD, kamu bisa lihat di sini. Kamu juga bisa melihat aneka resep kreasi ayam potong SO GOOD di tautan tersebut. Selamat mencoba! 😊

AYAM MASAK HIJAU KEMANGI
Print Friendly Version of this pagePrint Get a PDF version of this webpagePDF

Lama memasak:  30 menit
Porsi: 5 orang


Bahan-bahan:

500 gr ayam potong paha dan dada SO GOOD (saya pilih bagian dada saja)
7 siung bawang merah, tumbuk halus
5 siung bawang putih, tumbuk halus
100 gram cabe hijau, tumbuk kasar
1 ruas jahe (1 cm)
2 buah tomat hijau, potong-potong
4 ikat daun kemangi, pilih daunnya saja lalu cuci bersih
Minyak goreng untuk menumis (2-3 sdm)
Kaldu ayam +/- 100 ml
Garam secukupnya
Gula secukupnya


Cara membuat:
  1. Siapkan panci berisi air kemudian rebus ayam +/- 7 menit. Jika sudah direbus, tiriskan ayam dan sisihkan.
  2. Panaskan minyak di atas wajan. Tumis bawang merah dan bawang putih dengan api sedang hingga harum. Tambahkan cabe hijau dan jahe, lalu masak hingga bumbu matang. Jika bumbu telah matang, tambahkan kaldu dari rebusan ayam tadi.
  3. Masukkan ayam lalu aduk rata. Tambahkan garam dan gula secukupnya. Cicipi dan sesuaikan dengan selera.
  4. Terakhir, masukkan tomat dan daun kemangi. Masak sebentar hingga tomat dan daun kemangi layu. Jika sudah selesai, angkat lalu sajikan hangat bersama sepiring nasi.















4 comments

  1. Iyaa ni masak terus deh Nisa...rajinnya :-* aq juga suka kemangi..trus suka banget juga sama tomat ijo nis...jadi wajib coba ya resep 1 ini *lappeerr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha.. rajin masak dan posting tapi nggak pernah bagi2 ya Wi?? Ayo bunda dicoba yaa..! :D

      Delete
  2. Selalu suka sambel ijo kalo pas di rumah makan Padang. Resep ini bisa jadi rujukan bikin sendiri kalau punya ayam buat di cabein ijo...ada kemanginya pula..pasti wanginyaa...!! Trims resepnya Mbak, salam kenal yaaa:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama dong ya kita, penyuka cabe ijo. Sip, sama2 Mbak. Dicoba ya dan semoga cocok di lidah.

      Salam kenal! :)

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya. Silahkan berikan tanggapan atau pertanyaan di kolom komentar.

Latest Instagrams

© A Little Bit of Nisa. Design by FCD.