RESEP: TUNA PIZZA

Saturday, January 14, 2017




Assalamu'alaikum.

Bulan Desember kemarin terhitung sudah dua kali saya mencoba membuat pizza. Keduanya pizza dengan topping tuna, dan Mama suka sekali. Percobaan pertama berhasil, lalu percobaan kedua pun alhamdulillah berhasil. Roti pizza-nya sendiri cukup tebal dan teksturnya empuk. Saya lihat-lihat, (agak) mirip sama produksi restoran berlogo topi merah *eh, he he he. Tapi saya belum bisa bikin pinggiran dengan isian keju. Jadi, saya coba membuat versi sederhana saja tanpa pinggiran.

Nah, bikin pizza itu ternyata nggak susah lho! Banyak teman saya yang awalnya bilang seperti itu, lalu akhirnya saya buktikan dan percaya. Alih-alih membeli pizza base-nya di supermarket, saya mencoba membuatnya sendiri di rumah (homemade). Adonan pizza-nya tinggal saya taburi dengan topping sesuka hati. Kalau yang suka dengan pizza meatlover atau pizza isi bermacam daging, boleh juga diberi lebih banyak sosis dan daging asapnya. Tapi kalau yang lebih suka veggies (seperti saya), bisa diberi lebih banyak jamur atau jagung pipilnya. 

Well, silahkan dicoba resep tuna pizza saya ya. Semoga kamu juga ketagihan untuk sering-sering membuat pizza di rumah. 😀 Lain waktu, insya'a Allah saya mau coba bikin yang versi tipis atau thin pizza, serta pizza yang jauh lebih sehat, yakni berbahan dasar tepung gandum. Good luck!


TUNA PIZZA



Bahan-bahan:

Adonan pizza (pizza dough):
3/4 cup air hangat kuku
1 sdm gula pasir
2 sdt fermipan
2 cup tepung terigu serbaguna (saya menggunakan tepung terigu Segitiga Biru)
1 sdt garam
1/4 cup minyak zaitun, atau bisa juga minyak sayur

Saus olesan topping:
3 sdm saus tomat botolan
2 sdm saus sambal botolan
+/- 3-4 sdm saus spaghetti carbonara (saya menggunakan merk Leggo's)
Lada bubuk, secukupnya
1 sdm bubuk oregano

Taburan (topping):
1 kaleng tuna dengan minyak (tuna in oil)
150 gram keju mozzarella, iris tipis
1 buah bawang bombai, belah dua lalu iris tipis
1 buah jagung, dipipil dan diambil bijinya
1 buah paprika merah, iris memanjang
5 buah cabe merah (atau sesuai selera), iris tipis


Cara membuat:
  1. Campur rata air hangat kuku, gula pasir dan fermipan. Diamkan 10 menit sampai ragi aktif dan muncul busa.
  2. Campur tepung terigu, garam dan minyak zaitun atau minyak sayur, dalam wadah. Uleni adonan menggunakan tangan sambil dituang sedikit demi sedikit air campuran ragi tadi.
  3. Uleni adonan hingga kalis dan adonan tidak terasa lengket di tangan dan wadah.
  4. Jika sudah, tutupi wadah dengan lap kering bersih, lalu biarkan selama +/- 45 menit hingga 1 jam sampai adonan mengembang.
  5. Siapkan saus olesan untuk topping dengan mencampur jadi satu saus tomat, saus sambal, saus spaghetti carbonara dan bubuk oregano.
  6. Sementara itu, setelah adonan didiamkan, bagi adonan yang sudah mengembang tadi ke dalam 2 bagian.
  7. Rol tiap adonan pizza sambil diberi taburan sedikit tepung, lalu ratakan pada loyang yang sudah diolesi sedikit minyak. Tidak usah khawatir jika adonan tidak berbentuk lingkaran sempurna.
  8. Olesi tiap adonan pizza dengan saus, lalu taburi topping di atasnya, mulai dari keju mozzarella, daging tuna, jagung pipil, bawang bombai dan terakhir irisan cabai.
  9. Panggang pizza dalam oven pada suhu 150-180'C selama 30 menit.
  10. Jika pizza sudah matang, tinggal disajikan hangat bersama saus sambal botolan.

Tips:
  • Saya menggunakan oven kompor gas dengan api bawah, sehingga proses panggang menjadi lebih lama.
  • Agar keju tidak terlalu matang, kamu bisa menaburkan keju belakangan. Caranya, panggang terlebih dahulu pizza tanpa taburan keju selama 20 menit pertama, keluarkan dari oven kemudian baru taburi dengan keju mozarella dan panggang kembali selama 10-15 menit.
  • Kamu bisa membuat saus topping sendiri (caranya sama seperti membuat saus boloigneise). Tapi supaya praktis, saya menggunakan cara cepat dengan menggunakan saus spaghetti botolan. Untuk merk saus, silahkan gunakan sesuai selera.
  • Roti pizza yang dihasilkan bertekstur empuk, tapi tidak keras sampai keesokan hari. Cukup dihangatkan di dalam microwave selama 2 menit, maka pizza akan terasa nikmat kembali seperti baru matang.
Adonan pizza yang sudah mengembang dan siap dibentuk.

Pizza yang sudah diberi olesan saus dan bermacam-macam topping. Siap dipanggang.

Pizza yang sudah matang.

author image

ABOUT ANISSA

Anissa is a researcher and lifestyle blogger living in Jakarta. She writes mostly about her passions, which range from travelling, blog tutorial, study tips and her favourite homemade recipes!

2 comments

  1. Sepertinya enyaaaaak, aku mau coba ahhh. Udah lama mau bikin pizza tapi ngga jadi2, hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enyaaaakk... Dicoba yaa Mbak Lisnaaa! :D

      Delete

Follow My Instagram

© A Little Bit of Nisa. Design by Fearne.