6 CARA AGAR TETAP PRODUKTIF MENULIS BLOG DI 2017

Friday, January 06, 2017



Assalamu'alaikum.

Apakah kamu seorang blogger? Adakah keinginanmu untuk melakukan beberapa perubahan di tahun yang baru ini?

Saya yakin kamu sering dihadapkan dengan masalah produktivitas, terlebih lagi mengalami apa yang dinamakan Writer's Block. Writer’s Block merupakan sebuah kondisi di mana kamu mengalami kebuntuan dalam menulis dan kamu tidak tahu lagi apa yang harus kamu tuliskan karena kamu merasa sudah kehabisan ide.

Memang tak bisa dipungkiri saya juga sering mengalami hal semacam itu. Sebelnya lagi, Writer's Block pernah terjadi ketika saya sedang bersemangat menulis. Tapi namanya sudah buntu, tidak tahu lagi apa yang hendak saya tulis. Pokoknya saya merasa sangat tidak produktif. Ujung-ujungnya dalam sebulan saya cuma bisa menghasilkan satu postingan di blog. Arrghhh, bete!

Nah, kamu pasti tidak mau 'kan hal itu terjadi juga sama kamu? Tahun baru tentunya harus ada perubahan dong! Tidak cuma tampilan blog saja yang selalu dipoles, kamu pun juga harus lebih produktif menulis artikel di blogmu *saya sambil ngaca, he he he*. Untuk itu, melalui postingan ini, saya akan bagikan 6 cara agar kamu tetap produktif dalam menulis artikel di blog. Tulisan ini tentunya akan menjadi motivasi saya juga agar sukses membangun blog di 2017. 

Source: http://pinterest.com


#1: BUATLAH AGENDA KERJA

Salah satu kunci sukses menjadi blogger produktif adalah dengan membuat jadwal kerja. Dengan memiliki jadwal menulis, kamu akan merasa lebih siap untuk menyiapkan lebih banyak artikel serta terhindar dari kebuntuan. Di samping itu, dengan melakukan penjadwalan terlebih dahulu, kamu akan lebih punya banyak waktu untuk mencari ide tulisan. Jujur selama ini saya belum bisa mempraktekkannya. 😀 Saya cenderung tipikal seorang accidental writer yang lebih sering menulis secara tiba-tiba. Jadi ketika ide itu muncul, di situ pula saya akan mencoba menuliskannya di blog. Sebagai permulaan, buatlah agenda kerja yang simpel untuk jangka waktu satu bulan. Buatlah list yang berisi topik-topik artikel yang akan kamu tulis dalam sebuah note, atau bisa juga ditulis di ponsel. Tak perlu khawatir jika topik yang sudah kamu siapkan tadi pada akhirnya tidak jadi kamu tulis. Bisa saja 'kan saat itu kamu sedang mengikuti sebuah blog competition yang topiknya berbeda dengan apa yang sudah kamu buat sebelumnya? Meskipun begitu, tetaplah membuat jadwal menulis agar kamu pun bisa lebih konsisten terhadap waktu dan cenderung lebih disiplin terhadap diri sendiri.


#2: MENULISLAH SESUAI DENGAN PASSION-MU

Salah satu yang menghambat produktivitasmu dalam menulis blog adalah menuliskan hal-hal yang kurang berkaitan dengan minat atau passion kamu. Tak jarang seorang blogger dituntut untuk menulis sesuatu yang kurang mereka sukai dan pahami, terutama jika itu menyangkut urusan bisnis. Tapi sebenarnya inspirasi dan ide akan akan lebih mudah kita dapatkan jika kita berusaha menuliskan hal-hal yang membuat kita merasa terobsesi olehnya. Nah, biasanya minat atau passion seorang blogger akan terlihat dari identitasnya, apakah dia seorang beauty, lifestyle, travel atau food blogger. Seorang beauty blogger, misalnya, akan cenderung menuliskan berbagai hal tentang dunia kecantikan, mulai dari review produk hingga tips make-up. So, cobalah untuk mengurangi menulis artikel di luar passion kamu, maka saya jamin kamu akan lebih semangat dan produktif dalam menulis. 😀
Menulislah karena kamu menyukainya. Dengan begitu, kamu akan memulai dan menyelesaikannya. - Irin Sintriana (Menulis Negeri) 

#3: MULAILAH MENGIKUTI KOMPETISI BLOG

Alasan lain di balik produktivitas yang rendah adalah kurangnya ide untuk bisa ditulis. Kamu mungkin sudah membuat agenda kerja di awal bulan. Kamu pun sudah membuat daftar topik tulisan yang bisa kamu tampilkan dalam blogmu. Tapi seringkali masalah muncul ketika kamu tak memiliki bahan untuk mulai menulis topik yang sudah kamu siapkan tadi. Apalagi jika kamu hanyalah seorang blogger paruh waktu (seperti saya). Alhasil, lagi-lagi semuanya jadi buntet... eh, buntu. Don't worry, guys! Saat ini banyak sekali peluang menulis yang ada di dunia maya, yakni dengan mengikuti beragam kompetisi blog. Kompetisi blog tidak hanya membuat kamu menjadi lebih produktif dalam menulis, tapi juga membuka kesempatan bagi kamu untuk memenangkan sejumlah hadiah yang ditawarkan dalam kompetisi tersebut. Jangan sedih jika pada akhirnya kamu tidak terpilih sebagai juara, tapi gunakan kesempatan tersebut untuk menunjukkan kemampuan menulismu. Saya yakin dengan mengikuti sebuah kompetisi blog, kamu tidak hanya akan dikenal oleh penyelenggara tapi juga berbagai komunitas yang bernaung di bawahnya. Asyik 'kan jadi bisa menambah jaringan? 😀


 #4: GUNAKANLAH WAKTU LUANG UNTUK MEMBACA & BEREKSPERIMEN

Katanya mau jadi blogger yang produktif, tapi masih juga suka membuang-buang waktu - bermain sosmed, contohnya  he he he. 😀 Untuk bisa tetap produktif menulis blog, manfaatkanlah waktu sebaik-baiknya. Waktu luang yang ada bisa kamu gunakan untuk mencari bahan tulisan, membaca atau melakukan eksperimen yang terkait dengan ide yang akan kamu tulis. Mencari bahan tulisan bisa dilakukan dengan membaca dari berbagai sumber informasi, seperti buku, koran atau pun internet. Jika terpaksa waktu yang ada hanya cukup untuk mencari bahan, maka sementara simpanlah, lalu bacalah di sela-sela waktu berikutnya. 


Mulailah membaca buku dan temukan surga informasi di dalamnya.

Di sisi lain, melakukan eksperimen tentunya akan membuatmu menjadi lebih menguasai topik yang akan kamu tulis. Perlu kamu tahu bahwa bahan tulisan yang paling ampuh adalah dari pengalaman pribadi kamu sendiri. Misalnya, kamu berencana akan menulis tentang 'Cara Memasak Pancake yang Empuk'. Pastinya kamu akan coba bereksperimen membuat pancake sendiri (homemade) hingga menghasilkan pancake yang empuk dan fluffy. Setelah berhasil, tentu kamu akan lebih yakin membagi pengalamanmu dalam tulisan. Untuk itu, lakukan sesuatu di waktu luangmu, entah itu untuk membaca atau bereksperimen, karena saya yakin waktu akan terasa lebih berharga. 😀


#5: CARILAH IDE MELALUI BLOG WALKING

Cara ampuh lainnya untuk memunculkan produktivitas dalam menulis blog adalah dengan mencari ide melalui blog walking (baca: membaca blog orang lain). Selain memperbanyak dan memperluas jaringan komunikasi antara kamu dengan blogger lain, blog walking membawa manfaat lain, yaitu meng-update berita atau informasi baru yang mungkin belum kamu tahu. Informasi tersebut tentunya akan berguna buat kamu dalam mencari ide baru untuk ditulis. Blog walking juga bisa menjadi sarana menimba ilmu ngeblog, jadi kamu juga bisa belajar dari mereka. Selain tentang berbagai hal yang sama-sama kalian minati, tapi kamu juga bisa mendapatkan kiat dari mereka tentang cara mereka tetap aktif dan produktif menulis. Percaya tidak, dengan sering mengunjungi blog orang lain, kamu juga jadi semangat buat ngeblog, lho!

Blog walking untuk mencari ide tulisan? Oh, bisa banget!


#6: BERGABUNGLAH DI KOMUNITAS ATAU KURSUS MENULIS
"Ide tulisan padahal sudah ada, tapi kok tidak ada satu tulisan pun yang jadi? Mau menulis satu artikel yang menarik rasanya sulitnya sekali - kok kayaknya susah banget buat ditulis. Terus saya kudu piye? Saya harus tulis pakai bahasa apa ya?" 
Eh, tenang kawan! Untuk bisa produktif menulis di blog, kamu memang harus lancar menulis. Tapi tidak semua orang punya kemampuan menulis yang baik, termasuk blogger *tunjuk diri sendiri 😀Menulis blog sebenarnya tidak ada pakem khususnya, tapi yang menjadi persoalan mampukah kamu mengubah ide yang sudah membumbung itu menjadi artikel yang menarik bagi pembaca? Banyak cara yang bisa dilakukan supaya kamu bisa lebih lancar menulis di blog. Salah satunya adalah bergabung di komunitas blogger atau penulis. Dengan menjadi anggota sebuah komunitas blogger secara tidak langsung kamu akan memiliki kesempatan untuk meningkatkan kemampuan menulismu. Tak jarang komunitas blogger atau penulis yang mengadakan workshop seputar blogging, dan itu pun gratis. Namun demikian, kalau kamu merasa membutuhkan ilmu yang lebih mantap, tak ada salahnya juga kok mengikuti kursus menulis yang diadakan oleh beberapa yayasan, contohnya Zetta Media. Mbak Triani Retno, seorang blogger asal Bandung, berbagi informasi tentang beberapa tempat belajar menulis dari ahlinya di blognya. 

Nah, itulah sedikit tips saya agar kamu tetap produktif menulis blog di 2017. Mungkin tips tadi agak sulit untuk direalisasikan ya?! He he he. Tapi yang terpenting adalah bahwa semakin banyak kamu menulis artikel di blog, maka kamu akan semakin produktif, dan kemampuan kamu pun juga akan semakin terasah. Selamat menulis! 😀

author image

ABOUT ANISSA

Anissa is a researcher and lifestyle blogger living in Jakarta. She writes mostly about her passions, which range from travelling, blog tutorial, study tips and her favourite homemade recipes!

8 comments

  1. Membantu banget mbak, tipsnya. Thanks for sharing :)

    ReplyDelete
  2. Aku ngga pernah punya agenda nulis blog hahahha... #eh XD
    Blog buat aku nulis secara spontan dan kadang ngga direncanain, jelek banget ya :D kalo ngga ada ide paling jalan-jalan & piknik #modusmintajalan2 XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pernah mbak, dan memang awal2 rajin, tapi habis itu malas hahaha :D
      Orangnya spontan kalau nulis. Sini aku kasih ide jalan2 tapi jangan minta bayarin yaaa! :))

      Delete
  3. Nomor tiga tuh asik yaa.. Selain bikin produktif, buat aku jadi tau sudut pandang ato ide kreatif yang bisa digali sama kontestan yang lain.. Bikin banyak belajar. Untuk nomor 4 juga jadi pe-er nih buat aku nis, utang baca buku buat nambah referensi... Sip banget semua tipsnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, nomor 3 emang yang paling asyik. Ikutan kompetisi blog apa ya? Yuk, hunting! :)

      Delete
  4. makasih sharingnya mbk..saat ini saya masih belajar nulis.. :)

    ReplyDelete

Follow My Instagram

© A Little Bit of Nisa. Design by Fearne.