RESEP SE'I SAPI SAUS TIRAM

Saturday, November 26, 2016



Assalamu'alaikum.

Ada yang pernah mendengar daging Se'i sebelumnya? Buat kamu yang belum tahu Se'i itu apa, daging Se'i adalah daging asap yang berasal dari Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), lebih tepatnya dari Pulau Rote. Tapi daging ini banyak juga dijual di kota Kupang dan merupakan salah satu buah tangan yang nggak boleh kelupaan untuk dibawa pulang jika berkunjung ke kota ini.

Daging Se'i sendiri dimasak melalui proses pengasapan yang terbilang masih tradisional lho! Daging diawetkan dengan menggunakan asap dan panas yang dihasilkan dari pembakaran kayu. Kayu yang dipakai pun bukan sembarang kayu ya. Kayu yang dipakai haruslah kayu Kosambi. Jika tidak, maka akan mempengaruhi rasa daging asapnya. Kayu ini memang banyak tumbuh di daerah yang relatif panas dan kering seperti NTT. Jadi penduduk lokal pun menggunakan kayu Kosambi agar tetap menghasilkan cita rasa daging Se'i yang khas.

Sebelum dilakukan pengasapan, daging Se'i dipotong memanjang kemudian diolah dengan memberikan garam dan sedikit rempah. Ada pula beberapa produsen daging Se'i yang menutup bagian atas daging dengan daun kosambi yang dimaksudkan agar aroma rempah menjadi lebih terasa. Dan, karena daging Se'i sudah diawetkan, daging ini bisa disimpan beberapa hari di dalam freezer sebelum diolah. 
Bagi kamu yang Muslim, kamu harus sedikit hati-hati ya! Pasalnya, daging Se'i nggak hanya dibuat dari daging sapi saja, melainkan juga dibuat dari ikan dan, yang umum, justru dari daging babi yang kita tahu non halal. So, jika kamu ingin membeli daging Se'i sapi atau ikan sebagai oleh-oleh, kamu harus membeli di tempat yang sudah terjaga kehalalannya. Salah satunya adalah di toko Ibu Soekiran. yang terletak di seberang Rumah Sakit Wirasakti, Kupang. Toko ini nggak hanya menjual daging Se'i beku saja, tetapi juga aneka makanan dan cemilan khas Kupang yang bisa dijadikan pelengkap buah tangan untuk keluarga dan orang-orang terdekat.

Daging Se'i sapi halal yang dijual di toko Ibu Soekiran

Toko Ibu Soekiran di kota Kupang
(photo credit: http://adadikupang.com)

Oke, tadi saya sudah cerita sedikit tentang daging Se'i ya, lalu sekarang pertanyaannya, daging Se'i bisa dimasak apa saja sih? Beberapa resep yang pernah direkomendasikan oleh teman saya di Kupang dan beberapa restoran di sana adalah hotplate Se'i sapi dan Se'i saus tiram. Hidangan ini bisa kamu nikmati dengan menu pendamping lain seperti tumis bunga pepaya, atau kalau nggak ada bisa juga dengan tumisan sayur lainnya.

Jika kamu sempat mengunjungi Kupang atau daerah lain di NTT dan membeli daging Se'i, berikut saya bagikan resep daging Se'i saus tiram yang bisa kamu coba di rumah. Kalau nggak ada daging Se'i, menggunakan daging biasa yang belum diasap pun nggak masalah kok. Selamat mencoba!


SE'I SAPI SAUS TIRAM



Bahan-bahan:

200 gram daging Se'i sapi, dipotong tipis-tipis kurang lebih selebar 1 cm
1/2 buah paprika merah, potong-potong
1 buah kecil bawang bombay
2 siung bawang putih, diulek/dihaluskan
1 buah daun bawang
50 ml air matang
2 sdm saus tiram
1 sdm kecap manis
1 sdm minyak wijen
2 sdm larutan maizena
2 sdt lada hitam bubuk
Garam sedikit saja (karena daging Se'i sudah cukup asin)
Gula pasir secukupnya
Minyak goreng untuk menumis


Cara membuat:
  1. Panaskan sedikit minyak goreng untuk menumis. Tumis bawang bombay sampai layu dan harum, tambahkan bawang putih dan paprika merah. Masukkan air matang. Masak hingga bumbu dan paprika matang.
  2. Tambahkan bubuk lada hitam, saus tiram, kecap manis dan minyak wijen, aduk rata. Jika tumisan sudah agak mendidih dan saus mulai menyusut, kecilkan api sedikit lalu masukkan daging. Aduk rata daging bersama bumbu. 
  3. Tambahkan garam sedikit saja dan gula pasir sebagai penyedap. Masak sebentar kurang lebih 3 menit.
  4. Masukkan irisan daun bawang dan larutan maizena agar saus mengental. Aduk sebentar, kemudian angkat. Sajikan dengan nasi hangat.

*Tips:

-  Memasak daging Se'i jangan terlalu lama agar daging tetap empuk dan nggak menjadi alot (keras).
- Penambahan garam nggak perlu terlalu banyak karena daging Se'i sudah digarami saat proses pengasapan.
- Saat membeli daging Se'i, pilihlah daging dengan sedikit urat sehingga saat dimasak daging nggak mudah untuk menjadi alot dan terlalu kenyal.

Daging Se'i yang sudah diiris tipis

Potongan bawang bombai dan paprika yang sudah disiapkan sebelum ditumis
author image

ABOUT ANISSA

Anissa is a researcher and lifestyle blogger living in Jakarta. She writes mostly about her passions, which range from travelling, blog tutorial, study tips and her favourite homemade recipes!

2 comments

  1. resep ini biasanya ada ketika sarapan di hotel mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya ya..? Kemarin soalnya saya nggak nemu di hotel tempat saya nginep hehe :)

      Delete

Follow My Instagram

© A Little Bit of Nisa. Design by Fearne.