8 HAL MENARIK DAN SERU YANG BISA DILAKUKAN SAAT TRAVELING KE SYDNEY

Saturday, October 01, 2016





Assalamu’alaikum.

Kalau saya ditanya dimana tempat paling menyenangkan di dunia ini...? I guess I would say SYDNEY! Ya, Sydney merupakan salah satu kota terbaik di dunia dan pernah disandingkan dengan Melbourne sebagai kota paling layak huni. Nggak heran, sebagai kota terbesar di Australia, Sydney punya daya tarik wisata tersendiri bagi banyak turis mancanegara, termasuk turis asal Indonesia lho. Saya seketika merasa jadi orang yang paling beruntung karena pernah menginjakkan kaki ke sana dan tentunya pernah merasakan menjadi bagian dari Sydneysiders*.

Nah, kalau kamu berencana untuk traveling ke Sydney, jangan sampai kamu melewatkan kesempatan untuk mencoba beberapa hal menarik dan seru di kota tersebut. Kota yang punya julukan Harbour City ini menawarkan beragam tempat menyenangkan yang bisa kamu kunjungi. Berikut 8 hal menarik dan seru yang bisa kamu lakukan saat traveling ke Sydney. Semoga menjadi bekal referensi ya!

1. BERCENGKERAMA DENGAN MATAHARI DI BONDI & COOGEE BEACH

Sydney punya sejuta pantai yang indah dan fenomenal, di antaranya Pantai Bondi dan Coogee. Di sana, kamu nggak hanya bisa menikmati suasana di tepi pantai, tapi kamu juga bisa melakukan hal seru lain, seperti berjalan kaki menyusuri pesisir pantai, atau sering disebut coastal walk. Pantai Bondi dan Coogee kebetulan terhubung satu sama lain jadi kamu bisa melakukan coastal walk baik dari Bondi ke Coogee, atau pun sebaliknya. Percaya deh, kamu dijamin nggak akan nyesel karena it’s so so so worth trying. Untuk bisa finish berjalan kaki menyusuri pesisir pantai sampai ke Coogee, kamu harus menempuh waktu hingga 2 jam lho. Wah, kok lama banget?! Oh iya, soalnya jaraknya lumayan jauh, kalau nggak salah lebih dari 5 km, belum lagi kamu harus melalui beberapa anak tangga di tiap track-nya. Tapi tenang aja, perjalananmu semua sebanding dengan indahnya pemandangan hamparan laut biru dan tebing-tebing eksotis yang mengelilingi garis pantai. Apalagi selama perjalanan, kamu akan melewati tiga pantai kecil yang terhubung di antaranya, yaitu Bronte, Tamarama dan Clovelly beach. Seru 'kan?

Pantai Bondi yang fenomenal

Saya ketika menyusuri jalanan di tepi pesisir pantai menuju pantai Coogee 

Coastal walk track dengan pemandangan cantik pesisir pantai

Pemandangan tebing-tebing yang breathtaking 

Pastikan kamu cukup membawa perbekalan saat melakukan perjalanan ya! Bawalah handuk kecil, beberapa permen atau snack ringan dan air mineral secukupnya dalam botol yang bisa kamu isi ulang di sejumlah refill water tap yang disediakan di sepanjang track. Nah, supaya kamu bisa membawa semua perbekalanmu, a good backpack is must have! Seperti backpack Herschel yang terkenal nggak cuma memiliki desain yang stylish, tapi juga ringan dan multifungsi. Kamu bisa menemukan koleksi lengkapnya di sini.



2. MENIKMATI ALUNAN MUSIK KLASIK DI SYDNEY OPERA HOUSE

Siapa sih yang nggak pernah mendengar Sydney Opera House? Gedung ini telah mendunia dan menjadi ikon kota Sydney, bahkan negara Australia sekali pun. Banyak orang bilang belum sah jalan-jalan ke Australia kalau belum berfoto di depan Sydney Opera House. Yup, that’s absolutely true! Tapi masa jauh-jauh ke Sydney cuma foto di depannya aja? Nggak seru dong! Kamu harus coba masuk ke dalamnya. Salah satu yang bisa kamu lakukan adalah menikmati pertunjukkan konser musik klasik yang rutin diselenggarakan di Sydney Opera House. Sebenarnya, ada juga pertunjukkan lain yang bisa kamu tonton di gedung Sydney Opera, di antaranya seni tari, drama, opera, konser musik pop, jazz hingga folksong. Harga tiket masuknya pun bervariasi, mulai dari $35 hingga $150-an, tergantung posisi duduk di ruang teater. Kalau kamu seorang penikmat musik klasik, nggak ada salahnya kok mencoba untuk mendengarkan pertunjukkan Sydney Symphony Orchestra yang sangat apik membawakan alunan lagu-lagu gubahan Mozart hingga Beethoven. Supaya nggak kehabisan tempat, saya sarankan kamu untuk membeli tiketnya secara online terlebih dahulu, melalui website Sydney Symphony Orchestra.

Suasana di dalam gedung teater Sydney Opera House sebelum pertunjukkan dimulai

Tiket masuk konser orkestra di Sydney Opera House


3. MENCICIPI ANEKA JAJANAN DITEMANI SECANGKIR KOPI FLAT WHITE

Jika kamu seorang foodie, senang kulineran atau bahkan doyan ngopi-ngopi cantik, you would definitely love this city! Sydney memiliki banyak sekali cafe-cafe cantik yang tentunya menyuguhkan berbagai aneka jajanan yang menarik. Cobalah menyambangi daerah Newtown, Alexandria dan The Rocks, karena di daerah tersebut terdapat banyak café danrestoran yang direkomendasikan para foodie hampir di seluruh duniaStrawberry Watermelon Cake di Black Star Pastry, es krim Gelato di Cow and The Moon, Black Forest Cherries Pancake di Pancakes on The Rocks serta sepiring breakfast platter di The Grounds of Alexandria adalah beberapa pilihan terbaik yang patut kamu coba. Kalau kamu pecinta kopi, secangkir kopi flat white di Moors Espresso bar, Brewtown atau St. Ali café bisa menjadi teman melepas lelahmu setelah seharian jalan-jalan. FYI, flat white adalah minuman kopi espresso yang originally berasal dari Australia lho. Jadi jangan sampai kamu tidak mencicipinya di daerah asalnya.

Strawberry Watermelon Cake yang jadi favorit di Black Star Pastry

Es krim gelato Affogato di Cow and The Moon, Newtown

Untuk makanan lokal lain, Australia sangat terkenal dengan fish and chips-nya, yakni ikan goreng tepung yang disajikan kentang goreng dan saus Tartar. Salah satu tempat untuk menemukan the best fish and chips adalah Sydney Fish Market. Di pasar ikan ini, kamu juga bisa mencicipi berbagai jenis ikan segar baik dalam bentuk sashimi atau yang sudah dimasak dengan cara dibakar. Pokoknya yum! :)

Sajian seafood platter di Sydney Fish Market


4. MENIKMATI MALAM MINGGU DITEMANI KEMBANG API DI DARLING HARBOUR

Mau menikmati malam Minggu yang nggak biasa di Sydney? Kamu bisa datang ke Darling Harbour, sebuah pelabuhan di sisi barat pusat kota Sydney. Di Darling Harbour, sebenarnya ada banyak tempat untuk menghabiskan malam Minggu kamu, mulai dari mal, tempat rekreasi, restoran hingga bioskop IMAX yang katanya memiliki layar sinema terbesar di dunia. Tapi, nggak afdhol rasanya kalau ke Darling Harbour tanpa melihat atraksi kembang api yang menakjubkan. Di Sydney, kamu nggak perlu harus menunggu acara perayaan besar seperti Tahun Baru untuk dapat menikmati hiburan gratis seperti melihat kembang api. Kamu tentu bisa menikmatinya setiap Sabtu malam mulai dari jam setengah sembilan waktu setempat. Don’t miss out!

Semburan kembang api di Darling Harbour


5. MENIKMATI KECANTIKAN VIVID SYDNEY

Sydney merupakan kota yang memiliki banyak event dan festival menarik sepanjang tahun. Salah satu yang paling dinanti adalah Vivid Sydney! Saat festival ini berlangsung, Sydney seketika menjadi kota yang sangat cantik di malam hari. Kelap-kelip lampu berwarna-warni menghiasi hingga ke sudut-sudut kota. Beberapa pusat hiburan dan taman kota seperti Circular Quay, Darling Harbour, Hyde Park hingga Sydney Opera House disulap bermandikan cahaya. Yang menarik, kamu bisa menikmati pementasan visual sinar lampu (video-mapping) yang disorotkan ke beberapa gedung seperti Museum of Contemporary Art di Circular Quay, Sydney Town Hall, St. Andrews’s Cathedral di sisi Hyde Park, termasuk gedung Quandrangle di kampus saya, The University of Sydney. Tak ketinggalan, pesta kembang api yang dipadukan dengan vivid laser di Darling Harbour. Mau yang lebih seru? Coba deh mengambil paket vivid cruise yang akan membawamu berkeliling Port Jackson sambil menikmati kelap-kelip keindahan Sydney Opera House dari atas laut. Dijamin kamu langsung terpesona sama cantiknya atap Opera House yang disorot oleh spektrum cahaya animasi yang memukau mata. So pretty!

Keindahan Sydney Opera House saat Vivid Sydney

Pertunjukkan sinar laser di festival Vivid Sydney di gedung Museum of Contemporary Art



6. MENCOBA OLAHRAGA MENANTANG DI PORT STEPHENS

Butuh kegiatan yang memacu adrenalin? Sydney punya satu tempat buat kamu pecinta tantangan, yaitu Port Stephens. Port Stephens adalah pelabuhan alam besar yang terletak sekitar dua setengah jam ke utara Sydney. Port Stephens memiliki pasir berwarna keemasan dengan teluk yang ukurannya melebihi dua kali Sydney Harbour Bridge. Di sana kamu bisa mencoba kegiatan seru seperti sandboarding dari ketinggian 30 dan 50 meter. Berani nggak? :)

Berseluncur di hamparan pasir pantai yang ada di Port Stephens ternyata asyik! Meskipun saya sendiri belum pernah mencoba, tapi setelah mendengar dari cerita teman-teman yang pernah ke sana, sandboarding memang layak jika masuk kategori olahraga sedang. Untuk mendaki sampai ke atas saja perlu usaha sendiri. Karena pasirnya lembut, langkahnya jadi terasa berat. Tapi menurut mereka kalau sudah meluncur, semua terasa cepat dan yang pasti jadi “nagih”. Untuk bisa menikmati permainan ini, kamu harus mengikuti tur yang disediakan di sana. Nah, kalau kamu penasaran (seperti saya), mendingan coba deh.

Photo credit: cyberspaceandtime.com


7. BERBURU DISKON SAAT BOXING DAY

Kalau kamu gemar shopping dan ternyata berencana mengunjungi Sydney pada bulan Desember ini, ada kabar gembira buat kamu. Sebagai salah satu surga belanja kelas dunia, Sydney menghadirkan berbagai diskon yang gila-gilaan saat Boxing Day. Seperti halnya di Inggris, Australia juga merayakan Boxing Day lho! Boxing Day biasanya dimulai sejak tanggal 26 Desember, dan berlangsung hingga akhir tahun. Pada perayaan tersebut, semua produk retail seperti pakaian, aksesoris, kosmetik hingga elektronik menawarkan sejumlah diskon hingga 70%.  Jadi, kesempatan besar buat kamu untuk turut ber-euphoria bersama warga Sydney. Kapan lagi ‘kan kamu bisa berebut barang dan ngantri panjang bareng penduduk lokal? :p

Banyaknya orang yang hendak berbelanja di sekitar mal QVB dan Westfield 

Antrian panjang di salah satu toko perhiasan di mal QVB



8. MENIKMATI SYDNEY NYE YANG SPEKTAKULER

Pesta malam Tahun Baru (New Year’s Eve) di Sydney adalah salah satu yang terbesar dan paling sering diliput oleh jaringan televisi dan kantor berita di seluruh dunia. Tak heran jika lebih dari satu juta orang berkumpul setiap awal pergantian tahunnya di tepi Pelabuhan Sydney untuk merayakan pesta malam tahun baru. Apalagi malam Tahun Baru di Australia jatuh pada musim panas. Saya terbilang beruntung pernah menyaksikan momen paling spektakuler ini awal tahun 2015 lalu. Atraksi yang paling ditunggu tak lain dan tak bukan adalah pertunjukkan kembang api di Sydney Harbour Bridge dan Sydney Opera House. Benar-benar panggung sempurna untuk pesta akhir tahun yang tak terlupakan. Jika kamu merencanakan liburan akhir tahun ini di Sydney, maka saya sarankan untuk tidak melewatkannya. Meski saya yakin harga tiket dan tarif kamar hotel pastinya melambung tinggi ya pada saat itu. 

Sydney New Year's Eve 2015
Photo credit: Mas Tawon

Ribuan orang yang sudah memasang tenda sejak pagi hari

Karena banyak spot yang disediakan untuk menyaksikan kembang api, tentu kamu perlu memilih dan merencanakan terlebih dahulu tempat yang paling sesuai. Sebagian besar tempat tersebut merupakan public area alias gratis, tapi ada juga tempat yang disediakan untuk turis dan tamu VIP sehingga harus membayar dan memesannya lebih dulu. Pastikan juga ya untuk mempersiapkan perbekalan yang sangat cukup termasuk tenda kecil untuk menunggu waktu, karena tak jarang banyak orang yang sudah berkumpul sejak pagi hari. Cek informasi penting seputar lokasi, transportasi hingga apa saja yang boleh dan tidak boleh untuk dibawa di website resmi Sydney NYE. Nantinya akan ada petugas yang berjaga dan memeriksa setiap barang yang dibawa sebelum masuk ke tiap spot menonton kembang api. Are you ready?

My recent sketch. Sydney and its beauty will be unforgettable 

*Sydneysiders: istilah Bahasa Inggris untuk penduduk yang tinggal di Sydney
author image

ABOUT ANISSA

Anissa is a researcher and lifestyle blogger living in Jakarta. She writes mostly about her passions, which range from travelling, blog tutorial, study tips and her favourite homemade recipes!

6 comments

  1. Nice info kak Nisah :) sketchnya yang terakhir lucuuu . Salam kenal ya kak :) -Anisah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah nama kita sama ya?! :) Sama2, semoga bermanfaat ya infonya.. Apa sedang ada rencana mau ke Sydney dalam waktu dekat? Salam kenal juga!

      Delete
  2. Nice info mb..kebetulan saya mau solo travel kesana di awal januari ini..thanks buat infonya mb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama ya! Wah have fun ya di Sydney. :)

      Cheers,
      Nisa

      Delete

Follow My Instagram

© A Little Bit of Nisa. Design by Fearne.