HOMEMADE CLASSIC TIRAMISU

Saturday, August 27, 2016




Assalamu'alaikum.

Who doesn't like Tiramisu? Dessert yang satu ini mungkin udah umum banget dijumpai di restoran, cafe, kedai kopi atau bakery. Rasanya yang manis dan sedikit pahit sering jadi alasan kenapa kue ini enak dan cenderung nggak bikin eneg saat disantap. Apalagi buat mereka para pecinta kopi. 

Kue Tiramisu biasanya dihidangkan dalam keadaan dingin. Kuenya yang disiram dengan kopi ekspreso dan dibalur dengan krim keju tebal pasti bikin siapa pun yang mencoba jadi ketagihan. Kalau di rumah, Ibu saya yang paling suka sama kue ini. Kalau Ayah sih jangan ditanya, he is not a dessert person, he he he.

Cara membuat Tiramisu menggunakan resep aslinya sebenarnya nggak terlalu susah kok. Hanya saja ada beberapa langkah yang mesti dilakukan. Mau tahu resepnya? Berikut hasil eksperimen saya yang kedua kalinya dalam membuat Classic Tiramisu. Bisa dibilang percobaan kedua ini merely close to the real Classic Tiramisu, delicioso! So, let's find out! :)


CLASSIC TIRAMISU

Print Friendly Version of this pagePrint Get a PDF version of this webpagePDF

Bahan-bahan:

3 butir kuning telur
3 butir putih telur
1/2 cup gula pasir/gula kastor
1/2 sdt vanili bubuk
250 gr keju mascarpone
200 gr biskuit ladyfinger (saya pakai merk Vicenzovo)
1 1/2 cup air kopi ekspreso (saya pakai Kapal Api)
500 ml air mendidih

Cara membuat:

  1. Panaskan 500 ml air hingga mendidih. 
  2. Letakkan wadah/mangkuk anti panas di atas panci yang berisi air mendidih. Kocok kuning telur, gula dan vanili bubuk di dalam wadah tersebut selama kurang lebih 15 menit atau sampai putih dan kental menggunakan mikser atau whisk
  3. Tambahkan keju mascarpone, kocok hingga tercampur rata. 
  4. Sementara itu, kocok putih telur hingga kaku di dalam wadah bersih dan kering.
  5. Masukkan sedikit demi sedikit campuran kuning telur, gula dan keju ke dalam kocokan putih telur. Usahakan mencampur dengan gerakan 1/2 memutar searah agar udara tetap terjaga. Lakukan terus hingga adonan kuning telur habis. Sisihkan.
  6. Siapkan pinggan atau wadah bersih untuk menyusun tiramisu. 
  7. Buat larutan air kopi dengan menambahkan kira-kira 2-3 sdm kopi bubuk instan ekspreso dengan 1 1/2 air hangat. Secara cepat, celupkan biskuit ladyfinger satu persatu ke dalam air kopi kemudian susun di dalam pinggan atau wadah dalam satu baris.
  8. Setelah itu, letakkan krim keju di atas biskuit yang telah disusun tadi. 
  9. Ulangi kembali dengan menyusun biskuit ladyfinger yang telah dicelup ke dalam larutan air kopi lalu beri dengan sisa krim. Begitu seterusnya hingga krim habis.
  10. Tutup pinggan/wadah dan dinginkan Tiramisu di dalam kulkas selama minimal 3 jam.
  11. Setelah dingin, keluarkan dari lemari es dan taburkan bubuk kakao sesaat sebelum disajikan - baik sebelum Anda memotong atau setelah menempatkan ke piring saji. 

Tips:
  • Penggunaan air mendidih dimaksudkan untuk mematangkan kuning telur. Pastikan untuk mengocok kuning telur dan gula secara cepat agar adonan telur tidak berubah menjadi scrambled egg :)
  • Untuk tahu kalau adonan kuning telur sudah cukup kentalnya, coba bentuk angka 8 menggunakan whisk. 
  • Jika kamu adalah pecinta cokelat, kamu juga bisa memberikan parutan cokelat di setiap permukaan lapisan krim.
  • Biskuit ladyfinger biasanya bisa kamu temukan di toko atau supermarket yang menjual produk-produk impor. Sebagai penggantinya, kamu juga bisa menggunakan vanila sponge cake (biasa disebut kue bolu) lalu diolesi dengan larutan kopi.








author image

ABOUT ANISSA

Anissa is a researcher and lifestyle blogger living in Jakarta. She writes mostly about her passions, which range from travelling, blog tutorial, study tips and her favourite homemade recipes!

Post a Comment

Follow My Instagram

© A Little Bit of Nisa. Design by Fearne.