MY 10 TRAVEL BUCKET LIST

Sunday, July 24, 2016


Assalamu'alaikum.

Beberapa hari yang lalu salah satu sahabat saya menunjukkan foto-foto liburannya ke Eropa. Tiba-tiba pertanyaan ini terbesit di dalam kepala saya, 
"Kapan ya saya juga bisa seperti dia?"
Alih-alih iri sama perjalanan yang dia jalani itu, saya justru mulai memutar otak dan bertanya dalam hati mana lagi ya tempat menarik dan indah di dunia ini yang ingin saya datangi. Begitu antusiasnya saya mendengar pengalaman teman saya tersebut, lantas saya kemudian membayangkan jika saya berada di sana sepertinya. 
"Eh, kayaknya asyik kalau saya bisa ke sana...", pikir saya begitu. 
Ah, dia benar-benar telah menginspirasi saya saat itu, sampai-sampai saya ceritakan kembali ke ibu saya perihal keinginan saya untuk travelling ke beberapa tempat yang teman saya datangi tersebut. And then, saya akhirnya mengambil kesimpulan untuk membuat sebuah list. Semacam bucket list tempat-tempat yang ingin (dan harus) saya datangi (before I die). Ups, is that too much? He he he.

Setelah saya mencari inspirasi dengan searching di dunia maya, ternyata banyak blogger yang pernah memposting tentang topik ini. Jadi tambah semangat untuk menuliskan harapan dan keinginan saya tersebut di sini, dan yang pasti berharap bisa mewujudkannya segera.


Alright, so here we are, my 10 travel bucket list! Setelah pernah tinggal 1 tahun di Sydney, Australia, dan menjalani short-course di Shanghai, Cina, kemudian melakukan perjalanan wisata di negara tetangga terdekat Singapore, lalu Jepang serta beribadah di Mekah-Madinah, Saudi Arabia, kira-kira tempat menarik mana lagi yang ingin saya kunjungi ya?


Photo credit: http://www.queenstownnz.co.nz
Queenstown, New Zealand - Jujur, sebagian teman kuliah S2 saya dulu sudah ada yang pernah mengunjungi kota ini. Siapa yang tak akan tahan untuk ke sana kalau bukan karena pemandangan dramatis pegunungan Southern Alps yang terbentang di balik Wakatipu lake. Bagus banget! Pokoknya mirip dengan yang ada di Switzerland. Berwisata ke New Zealand pernah menjadi mimpi saya ketika masih di bangku sekolah, tapi sayangnya sampai detik ini belum juga kesampaian. Semoga saya bisa mewujudkannya dalam waktu dekat bersama calon suami... eh, aamiin. 



Photo credit: http://flickr.com
Amsterdam, Belanda - Amsterdam selalu membuat saya melted karena kanal-kanalnya yang cantik. Cahaya lampu yang menghiasi bangunan di sisi-sisi kanal di waktu malam membuat kota ini makin romantis. Ah, sepertinya akan sangat menyenangkan jika bisa bersepeda sambil berkeliling mengitari kota yang dijuluki bike city ini. I hope so... soon :)



Photo credit: http://image.pbs.org
Istanbul, Turki - Meskipun dengar-dengar Turki masih kurang aman untuk para wisatawan asing karena kejadian pemboman di kota Ankara tempo hari, tapi kota ini masih jadi destinasi favorit saya. Terlebih lagi, saya ingin sekali bisa menginjakkan kaki ke dalam Hagia Sophia dan sholat di Blue Mosque. Pasti akan menjadi pengalaman spiritual yang tidak akan pernah terlupakan.



Photo credit: http://www.whichcities.com
Granada, Spanyol - Awalnya saya sama sekali tidak tahu tempat ini. Buat saya, yang familiar dari Spanyol adalah kota Barcelona dan Madrid-nya. Tapi, akhirnya saya tahu kota yang berada di kaki pegunungan Sierra Nevada ini dari sahabat saya yang sukses membuat saya takjub. Ternyata selain di Turki dan Israel, beberapa peninggalan sejarah peradaban Islam dari masa perang Salib juga terdapat di Spanyol. Alhambra adalah salah satu destinasi wajib jika berkunjung ke Granada, dan saya ingin merasakan keindahan panorama sunset di langit Alhambra yang berwarna merah muda. So pretty!



Photo credit: https://margberphotography.com
Grindelwald, Switzerland - Nah, inilah tempat yang saya katakan seperti 11-12 dengan kota Queestown, di New Zealand. Grindelwald merupakan salah satu desa di Switzerland yang berada di kaki pegunungan Alpen. Saya seketika tertarik untuk memasukkan tempat ini ke dalam travel bucket list saya setelah melihat foto-foto bulan madu salah satu teman dekat saya asal Malaysia. Dia pun sempat berpesan pada saya, "You should go there, Anissa!" Yup, I would definitely go there! Menaiki cable car menyusuri ketinggian deretan pegunungan Alpen serta menaiki scenic train menjadi kegiatan wajib jika berkunjung ke sana. Hmm, kira-kira kapan ya?



Photo credit: http://ohfact.com
Marrakesh, Maroko - Terus terang saya tidak pernah sadar kalau ternyata Maroko itu adalah salah satu negara di benua Afrika. Saya selalu berpikir kalau Maroko adalah negara Timur Tengah, dan ternyata saya salah. Tidak seperti negara-negara di Afrika pada umumnya, suasana kehidupan di Maroko memang lebih menyerupai negara-negara Timur Tengah seperti Lebanon atau Mesir. Mungkin karena mayoritas penduduknya adalah Muslim. Salah satu yang menarik dari Maroko adalah pusat kota Marrakesh dengan pemandangan sudut-sudut jalannya yang unik, terlebih lagi suasana di pusat perdagangan di kota tersebut. Etnik banget!



Photo credit: http://prodigy.umbrella.al/
Paris, Perancis - Kalau tempat ini saya yakin banyak orang yang ingin sekali ke sana. Apalagi tujuannya adalah untuk berfoto dengan menara Eiffel dan menikmati romantisme kotanya. Ah, Paris memang magnet bagi siapa saja yang ingin berwisata ke Eropa. Kalau kata orang, jalan-jalan ke Eropa belum komplit jika belum mengunjungi kota Paris dan berfoto dengan ikonnya, termasuk menikmati kuliner-kuliner Perancis yang tersohor di seluruh dunia. Well, Paris pasti akan selalu menjadi destinasi wisata impian saya. Kamu juga 'kan?



Photo credit: http://worldwidetour.org
Toyama, Jepang - Jepang adalah salah satu negara favorit saya, dan saya tidak akan pernah bosan untuk ke sana (lagi dan lagi). Akhir Maret 2016 lalu adalah pertama kalinya saya menginjakkan kaki ke negeri Sakura. Namun, tempat yang belum sempat saya kunjungi waktu itu adalah Toyama. Toyama adalah sebuah prefektur di Jepang yang terkenal memiliki beberapa tempat wisata indah, khususnya di musim-musim tertentu. Dua di antaranya adalah desa Shirakawa-go yang termasuk dalam situs warisan dunia UNESCO serta Gunung Tateyama yang terkenal dengan rute Tateyama Kurobe Alpine-nya. Kedua tempat ini memang paling menarik jika dikunjungi saat musim salju. Hmm, bagaimana ya rasanya menikmati musim dingin di Jepang? Look forward...



Photo credit: https://upload.wikimedia.org
Kairo, Mesir - Kairo dan piramidanya memang sudah menjadi pasangan yang tak akan bisa dipisahkan. Apalagi sama unta-unta yang dihias cantik untuk siap mengantar turis asing berkeliling di hamparan padang pasir. Pasti akan menjadi pengalaman yang berkesan dengan melihat langsung peninggalan kerajaan Fir'aun yang pernah berjaya pada masa lalu sekaligus bisa berada di salah satu spot film-film box office dunia. Huaaa.. Let's go!



Photo credit: https://www.csum.edu/
Hanoi, Vietnam - Jika tempat-tempat yang sudah saya sebutkan di atas tadi lokasinya lumayan jauh dari Indonesia, nah, kalau ini sedikit bertetangga karena masih berada dalam satu wilayah regional dengan Indonesia. Entah mengapa saya kok tertarik banget untuk mengunjungi Vietnam padahal saya sendiri belum pernah ke Thailand atau pun Malaysia, hi hi hi. Selain biaya wisata di sana terbilang murah, Vietnam ternyata juga memiliki kegiatan wisata yang menarik seperti menyusuri Delta Mekong dan mencoba cruise di Halong Bay. Saya juga pecinta makanan Vietnam seperti Pho, Spring Roll dan Banh Mi. Aduh, jadi lapar.. he he he.

Itu tadi daftar 10 tempat wisata yang masuk ke dalam travel bucket list saya. Sebenarnya masih ada beberapa tempat lain di dunia yang ingin sekali saya datangi. Tapi, mungkin nanti saja setelah sudah berhasil mendatangi beberapa tempat di atas. Aamiin, semoga terwujud! :)

Nah, kalau kamu bagaimana? Adakah tempat berbeda yang ingin sekali kamu kunjungi? Semoga bisa menginspirasi ya!
author image

ABOUT ANISSA

Anissa is a researcher and lifestyle blogger living in Jakarta. She writes mostly about her passions, which range from travelling, blog tutorial, study tips and her favourite homemade recipes!

2 comments

  1. Kak, aku pernah ngobrol sama bule di bandara tentang bucket list, dan dia bilang "you're too young to make a bucket list!" Terus aku engga jadi bikin bucket list deh, aku cuma mengingat-ingat dalam pikiranku, apa yang ingin aku lakukan (bukan hanya negara mana yang ingin aku kunjungi).

    Selain ingin menikah dengan Pangeran Dubai supaya bisa skydiving seminggu sekali (#tetep #konsisten), aku juga pingin ride the Trans Siberian train. Aku suka banget naik kereta (as you might have known) dan sekarang aku sering membayangkan naik Trans Siberian setiap kali naik kereta (walaupun kereta ekonomi Jakarta-Jogja, haha). Tapi aku masih bingung mau nabung buat ke Korea atau naik kereta ini dulu, hmmm kalau bisa dua-duanya bareng! #rakus :)))

    ReplyDelete

Follow My Instagram

© A Little Bit of Nisa. Design by Fearne.