MENGINTIP 3 KULINER HITS & FAVORIT DI BOGOR

Tuesday, June 21, 2016




Assalamu'alaikum.

Buat kamu yang Muslim, bagaimana puasanya hari ini? Masih kuat 'kan? Bulan Ramadan memang bulan yang sangat spesial. Selain bulan yang penuh dengan berkah, Ramadan juga bulan silaturahim. Mungkin banyak di antara kamu yang sedang merencanakan acara reuni sambil buka puasa bersama baik dengan keluarga, sahabat dan teman lama. Nah, untuk melengkapi referensi kamu, yuk intip tiga tempat kuliner di Bogor yang hits dan tengah jadi favorit saya. Pastinya cocok buat buka puasa bersama sambil nongkrong kekinian.


1. LEMONGRASS



Bulan lalu saya dan adik saya berniat untuk berwisata kuliner di seputaran Kota Hujan, Bogor. Akhirnya diputuskanlah untuk mengunjungi sebuah restoran terkenal yang berada di Jalan Padjajaran. Pasti di antara kamu sudah nggak asing sama namanya. Yup, Lemongrass! Nggak cuma penampilannya yang cantik dan bagus buat foto-foto, tapi suasana yang disuguhkan feels homey. Pokoknya asyik buat ngobrol dan hangout bareng orang-orang terdekat. Makanya jangan heran ya kalau kamu harus antri cukup panjang untuk bisa duduk santai di restoran ini selama 1-2 jam, terutama pas akhir pekan dan di waktu jam makan siang atau jam makan malam.

Kalau untuk menu makanannya sendiri, restoran ini memang lebih banyak menyajikan makanan beraliran Malaysian Hawker atau makanan peranakan Malaysia yang pastinya murah meriah dan dijamin nggak terlalu berat. Salah satu menu favorit saya adalah Mie Goreng Thailand yang segar dan Laksa Singapore yang endess banget! Jangan lupa juga untuk memesan salah satu dessert favorit yang jadi signature dish di restoran ini, Roti Tissu Nutella Milo! Tampilannya yang unik berbentuk kerucut dengan toping lelehan saus cokelat pasti membuat kamu penasaran untuk mencoba. Selain itu, siraman saus cokelat Nutella dan Milo bakal bikin kamu jadi ikutan melting dan nggak mau berhenti ngolesin jari ke piring, he he he.

Restoran ini memang sudah jadi tempat populer nggak cuma buat kaum muda di Bogor, namun juga mereka yang tinggal di sekitar Jadetabek. Hampir seluruh ornamen restoran memang keren dan Instagramable. Nggak cuma bagus pas siang hari, pada malam hari pun restoran ini kelihatan cantik. Overall, dari segi rasa makanan, pada umumnya makanan dan minuman yang disajikan di restoran enak-enak dan pas di lidah. Pelayanannya pun cukup memuaskan mengingat jumlah waitress yang lumayan banyak dan mereka pun ramah-ramah. Yang menyenangkan lagi adalah kamu bisa meminta mereka untuk mengambil beberapa foto untukmu with no worries (kalau nggak lagi pas jam sibuk-sibuknya ya! he he) bahkan mereka bisa sampai mengarahkan gaya kita. How cool is that?!




Buat kamu yang tertarik untuk berbuka puasa di restoran ini, reservation is a must! Hmm, tapi seingat saya, karena tingginya minat pengunjung saat weekend jadi pengelola restoran seringkali tidak menerima reservasi. Wooahh.. Jadi dipastikan dulu ya ke pihak restorannya. 

Lemongrass 
Jalan Raya Padjajaran No. 21, Bogor
Jam buka: Senin-Minggu, 10.00 - 22.00 WIB


2. MOMO MILK FACTORY

Cafe yang satu ini juga salah satu kuliner kekinian anak Bogor. Berbeda dengan Lemongrass yang mengusung konsep restoran modern kopitiam, Momo Milk Factory memiliki konsep yang lebih simpel dan minimalis, namun tetap unik dan asyik buat nongkrong. Awalnya saya dan adik saya bermaksud mencari Momo Milk Barn, tapi ternyata justru terlanjur ketemu sama 'adiknya' si Barn yang nggak kalah kece! Meskipun masih terbilang baru, tapi pengunjungnya sudah lumayan ramai yang umumnya adalah anak muda dan remaja.

Cafe yang menyajikan menu utama berupa aneka milk shake ini berlokasi di Teras Yasmin Bogor, persisnya bersebelahan dengan restoran Dominos Pizza. Jika dilihat sekilas, letak bangunannya memang tidak terlalu kelihatan karena berada di lantai 2. Tapi ketika masuk ke dalamnya, ornamen interior seperti warehouse seketika akan menyambut kita. Jadi pas banget ya kalau mau hangout sambil ngobrol dan cemal-cemil di sini. Cozy pokoknya.


Untuk menunya sendiri, yang jadi juara tentu saja milkshake-nya. Milkshake yang disajikan di Momo Milk Factory beraneka rasa lho, mulai dari yang classic hingga premium dengan rasa Matcha Kitkat, Hersheys Strawberry, Hersheys Chocolate serta favorit saya, Nutella! Kalau untuk makanan, cafe ini tidak hanya menyajikan makanan ringan dan light seperti potato wedges, chicken wingsnachos dan onion ring sebagai pendamping milkshake, namun juga makanan yang sedikit agak berat seperti nasgor dan pasta.



Overall, setelah mencicipi salah satu premium milkshake-nya, saya cukup happy sama taste-nya yang nggak terlalu eneg dan susu banget. Onion ring yang saya pesan juga cukup enak dan crispy, meski agak greasy alias berminyak. Untuk cheese nachos-nya, saya kira agak berlebihan kalau diberi lelehan keju karena si nachos jadi nggak terlalu garing lagi. Tapi, saya definitely akan datang lagi kapan-kapan jika sedang berada di Bogor. Kamu juga ya!

Momo Milk Factory
Teras Yasmin Lantai 2, Jl. KH. Abdullah bin Nuh, Bogor
Jam buka: Senin-Minggu, 10.00 - 20.00 WIB


3. MACARONI PANGGANG (MP)

Macaroni Panggang spesial (Photo credit: Kompasiana.com)
Buat kamu yang sudah sering berpergian ke Bogor, pasti sudah nggak asing sama nama restoran yang satu ini? Macaroni Panggang (MP) memang restoran yang nggak ada matinya. Hampir setiap hari restoran ini nggak pernah sepi apalagi saat akhir pekan, mulai dari yang makan di tempat hingga mereka yang mampir untuk sekedar membeli oleh-oleh makaroni panggang untuk dibawa pulang. Saya sendiri tidak pernah makan di tempat, melainkan selalu take-away.

Sama dengan namanya, makanan yang khas dijual di restoran ini tentu saja makaroni panggang yang mantap surantap! Porsinya yang terbilang jumbo dengan irisan daging asap dan jamur yang ada di dalamnya benar-benar membuat ketagihan. Tempatnya juga cukup nyaman, meski sedikit agak gelap kalau sudah malam karena pencahayaannya memang sengaja hanya didapat dari lilin yang ditaruh di atas masing-masing meja makan.

Photo credit: Harum Hutan
Untuk satu porsi MP spesial ukuran medium, harganya dibandrol cukup mahal yaitu Rp 105.000,- (harga tahun 2016), sedangkan untuk ukuran besar dihargai Rp 185.000. Kalau kamu mau makan di tempat tentu saja kamu bisa mencicipi makaroni dalam ukuran small atau kecil serta hidangan lainnya yang disajikan oleh restoran, seperti ayam panggang, iga panggang, jamur panggang dan berbagai makanan tradisional Indonesia yaitu nasi timbel peda dan ayam. Silahkan mencoba!

Macaroni Panggang (MP)
Jalan Salak No. 24, Bogor
Jam buka: 07.00 - 22.00 WIB

***

Nah, bagaimana referensi dari saya di atas? Mau mencoba jelajah kuliner seharian di Bogor seperti saya? Jangan tunda lagi! Jadwalkan weekend-mu segera ya. Selamat berwisata!
author image

ABOUT ANISSA

Anissa is a researcher and lifestyle blogger living in Jakarta. She writes mostly about her passions, which range from travelling, blog tutorial, study tips and her favourite homemade recipes!

Post a Comment

Follow My Instagram

© A Little Bit of Nisa. Design by Fearne.