HOMEMADE BAKSO SAPI

Sunday, September 27, 2015


Orang Indonesia mana yang nggak suka dengan bakso sapi? Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa pasti sudah pernah mencobanya. Bahkan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, setuju dengan pendapat saya ini. Bakso adalah satu makanan Indonesia favoritnya. Nah, jika kamu adalah salah satu pecinta kuliner bakso dan juga demen masak, nggak ada salahnya sesekali mencoba membuat bakso sapi di rumah. Yang pasti bakso sapi buatan sendiri terbebas dari bahan pengawet dan inshaAllah lebih sehat dibandingkan membelinya di tukang jualan.

Oke, membuat bakso sapi saya akui susah-susah gampang. Saya sudah pernah beberapa kali mencoba membuatnya saat saya masih tinggal di Sydney. Sekedar tips, saya dulu hanya berbekal daging sapi cincang yang masih segar, air es dan tepung bakso instan yang bisa saya beli di toko Asia. Hasilnya? Enak dan yang pasti membal. Meski perjuangan yang ditempuh agar bisa disantap di mulut tidaklah mudah, he he he. 

Jadi, jika kamu memang ingin mencoba membuat bakso di rumah, nggak ada salahnya lho menggunakan tepung bakso yang beredar di pasaran. Selain praktis, semua bumbu yang dibutuhkan sudah ada di dalam tepung tersebut. Namun, jika kamu orang yang hobi memasak dan punya waktu luang lebih di rumah, nggak ada salahnya juga untuk mencoba membuat bakso sapi tanpa menggunakan bahan instan. 


Sumber: https://epenshare.files.wordpress.com/2013/06/probaso.jpg


Dalam tulisan ini, saya akan coba menjelaskan rahasia pembuatan bakso sapi rumahan yang dijamin... tanpa menggunakan pengawet dan bahan kimia pengenyal bakso. Hasil bakso yang saya buat ini memang masih belum bisa menyamai bakso yang dijual di tukang bakso (masih jauh deh dari hasil akhir yang saya harapkan) tapi dari segi rasa dan tekstur, alhamdulillah sudah bisa dikatakan, "I can make bakso" So, berikut adalah rahasia cara membuat bakso sapi ala Chef Nisa :) Resep yang saya gunakan kali ini adalah hasil modifikasi resep buatan mbak Ricke Indriani dan mbak Endang, dalam websitenya, justtryandtaste.com.


Print Friendly Version of this pagePrint Get a PDF version of this webpagePDF
RESEP BAKSO SAPI

Bahan-bahan:
  1. 1 kg daging sapi segar, pilih bagian tanpa lemak 
  2. 300 ml air es
  3. 2 putih telur
  4. 8 sdm bawang putih bubuk
  5. Garam, lada halus, gula pasir
  6. 1 sdt soda kue
  7. 200 gr tepung sagu tani

Cara membuat:

Haluskan daging menggunakan food processor sambil sedikit demi sedikit ditambah air es sebanyak 100 ml. Kebetulan karena food processor saya ukurannya kecil, saya membagi jumlah daging yang akan dihaluskan ke dalam tiga bagian, begitu pula bahan lainnya, tak terkecuali air es. Jadi, saya lakukan tiga kali penggilingan daging.

Jika daging sudah agak halus, tambahkan bawang putih bubuk, putih telur dan bumbu seperti garam, lada halus dan gula pasir. Giling daging kembali sambil ditambah dengan sisa air es sedikit demi sedikit. 


Terakhir masukkan tepung sagu tani dan soda kue. Giling daging hingga daging benar-benar halus dan lembut seperti bubur pasta.

Didihkan air di dalam panci. Jika sudah mendidih, kecilkan api. Ambil satu genggaman daging menggunakan telapak tangan yang sudah dibasahi dengan air es. Hal ini untuk mencegah adonan tidak terlalu lengket di tangan. Bentuk dari satu genggaman daging tadi menjadi bulatan bakso, kemudian ambil menggunakan sendok. Masukkan bulatan bakso ke dalam panci berisi air mendidih.

Masak selama kurang lebih 5 menit hingga bakso mengapung. Angkat bakso dan rendam selama 1 menit di dalam air es agar bakso tetap padat. Lakukan terus hingga adonan habis. Jika bakso sudah selesai dimasak, dinginkan bakso pada suhu ruang kemudian simpan di dalam freezer untuk dapat diolah kembali.





PSST, YOU NEED TO KNOW THESE!
  1. Penjual bakso biasanya menggunakan "biang bakso" atau "obat bakso" (kalau tidak salah disebut juga dengan poly bakso), untuk menciptakan bakso yang kenyal dan membal. Bahan makanan ini memang merupakan bahan kimia, tapi penggunaannya sendiri saya tidak pernah tahu seberapa banyak. Oleh karena itu, akan lebih aman jika kita tidak menggunakan bahan-bahan tersebut untuk membuat homemade bakso. 
  2. Salah satu kunci dalam membuat bakso yang kenyal tanpa bahan yang mengandung kimia adalah dengan menggunakan daging sapi yang segar. Selain itu, pemilihan daging sapi tanpa lemak dan urat dimaksudkan agar proses penggilingan daging bakso menjadi lebih mudah dan tekstur bakso yang dihasilkan juga menjadi lebih mudah halus.
  3. Kenapa harus pakai air es? Air es memang menjadi bahan wajib dalam proses pembuatan bakso. Hal ini dikarenakan suhu air es dapat mencegah rusaknya protein daging akibat panas yang ditimbulkan dari putaran pisau saat menggiling adonan. Selain itu, air es berfungsi untuk mengikat serat daging sehingga lemak tetap keras dan bakso menjadi kenyal.
  4. Penggunaan soda kue bertujuan untuk menaikkan pH adonan daging sehingga daging bakso menjadi lembut dan padat. Sementara itu, putih telur digunakan sebagai perekat adonan daging.
  5. Membasahi tangan dengan air es saat membentuk adonan dapat mempermudah proses mengeluarkan adonan dari genggaman tangan setelah selesai dibentuk. 
  6. Cara merebus bakso tidak boleh langsung direbus atau dimasukkan pada air yang sedang bergolak, melainkan harus dimasukkan ke dalam air panas yang sebelumnya telah dimasak hingga mendidih. Tipsnya, didihkan air dalam panci, lalu kecilkan api hingga air tidak lagi bergolak dan suhu api menjadi stabil. Hal ini mencegah adonan bakso tidak buyar dan tetap padat saat dimasak.
  7. Jika kamu tidak yakin dengan rasa dari adonan bakso yang kamu buat, cobalah untuk merebus satu atau dua buah bakso terlebih dahulu lalu cicipi. Jika bumbunya kurang pas, maka dapat dibumbui kembali pada adonan daging yang belum dimasak.

Nah, begitulah rahasia dalam membuat bakso sapi rumahan. Sulit memang bagi pemula, tapi lama-kelamaan dengan semakin sering mencoba, maka bisa jadi kita akan memperoleh hasil yang (mendekati) sempurna. Saya akui, saya sepertinya melakukan beberapa kesalahan kecil dalam membuatnya sehingga hasilnya pun belum begitu sesuai dengan yang saya harapkan. Jika ingin bereksperimen lebih jauh, kamu bisa mencoba langsung resep aslinya di atas ya.

Good luck! ;)
author image

ABOUT ANISSA

Anissa is a researcher and lifestyle blogger living in Jakarta. She writes mostly about her passions, which range from travelling, blog tutorial, study tips and her favourite homemade recipes!

Post a Comment

Follow My Instagram

© A Little Bit of Nisa. Design by Fearne.