SEBLAK BASAH ENDESS

Saturday, August 22, 2015


Assalamu'alaikum.


Siapa yang tak kenal Bandung? Kota dengan sebutan Paris van Java ini memiliki segudang kuliner yang enak dan maknyus. Salah satunya kuliner yang satu ini, Seblak. Buat orang Bandung atau Sunda, mereka pasti udah nggak asing sama Seblak. Seblak itu sebenarnya krupuk godog atau krupuk yang nggak digoreng melainkan direbus. Krupuk yang telah direbus itu pun kemudian dimasak bersama bumbu-bumbu yang membuatnya terasa gurih dan pedas. Endess deh pokoknya! Hehehe. Saya pun terinspirasi dari penjual Seblak di dekat rumah yang kalau saya perhatikan tiap hari, antriannya sampai ke jalan. Padahal tempat jualnya juga cuma warung sepetak. Usut punya usut, ternyata yang membuat orang ketagihan sama makanan ini adalah karena kepedasannya. Akhirnya, karena lapar sehabis pulang bekerja, kemarin sore saya mencoba membuat Seblak versi basah atau kalau dalam bahasa Jawa, Seblak Nyemek, hehe. Tingkat kepedasannya saya juga coba kurangi. Maklum, saya nggak terlalu tahan sama pedas. Hasilnya... kenyal-kenyal gurih pedas endess! Sepiring aja rasanya kok kurang, hehe. Oke, supaya kamu nggak kelamaan ngiler, bagaimana kalau sambil dicoba resep Seblak buatanku kemarin. Yuk..!



Print Friendly Version of this pagePrint Get a PDF version of this webpagePDF
SEBLAK BASAH BANDUNG



Bahan-bahan:

100 gram (2 genggam) krupuk bawang mentah
2 siung bawang merah
3 siung bawang putih
1 ruas kecil kencur, kupas
5 buah cabe rawit merah (atau sesuai selera, boleh ditambah atau dikurangi)
1 butir telur
3 buah bakso (optional, bisa juga diganti sosis)
1 buah daun bawang, iris-iris
2 sdm air asam jawa (optional)
1/2 sdt kaldu bubuk
air secukupnya
garam secukupnya
gula secukupnya


Cara membuat:
  1. Rebus krupuk dalam air mendidih sampai layu dan lembek. Angkat, tiriskan lalu tuang ke dalam air es. Diamkan sejenak.
  2. Haluskan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kencur dan cabe rawit hingga halus. 
  3. Tumis bumbu halus hingga matang dan wangi, tambahkan potongan bakso dan seblak yang sudah ditiriskan airnya, aduk rata. 
  4. Tambahkan air matang lalu masukkan kaldu bubuk. Bumbui dengan garam dan gula secukupnya.
  5. Masukkan telur, lalu buat orak-arik. Aduk rata.
  6. Terakhir, masukkan daun bawang dan air asam jawa (jika ingin agak asam). Aduk kembali hingga air mulai menyusut dan matang.
  7. Sajikan selagi hangat.
author image

ABOUT ANISSA

Anissa is a researcher and lifestyle blogger living in Jakarta. She writes mostly about her passions, which range from travelling, blog tutorial, study tips and her favourite homemade recipes!

Post a Comment

Follow My Instagram

© A Little Bit of Nisa. Design by Fearne.