ELEMEN BLOG YANG WAJIB PUNYA!

Sunday, July 12, 2015


Assalamu'alaikum.

Beberapa hari ini saya lagi semangat mendesain ulang blog saya. Hmm, biasa nih, saya orangnya suka penasaran. Habis berburu pelajaran gratis tentang blog design di internet, akhirnya saya praktekkan juga. Alhamdulillah, sekarang blog saya sudah tampil lebih chic dan simple. Meskipun ada beberapa perombakan yang tergolong sulit, tapi hasilnya tetap terlihat memuaskan. 

Kalau menurut teman-teman sendiri, sebenarnya apa aja sih yang perlu kita tampilkan di dalam blog  agar blog kita terlihat bagus dan memikat pembaca? Well, tidak hanya tulisan yang menarik, tetapi desain dan tata letak setiap elemen juga sangat berpengaruh terhadap penampilan blog kita.

Jadi, ada beberapa elemen blog (atau biasa disebut widget) yang wajib kamu punya jika kamu ingin blogmu terlihat lebih menarik oleh pembaca, dan tentunya, akan meningkatkan jumlah pembaca setiamu. Berikut saya share daftar elemen blog dan tautan halaman web yang bisa kamu gunakan sebagai rujukan dalam mendesain ulang blogmu!

KOLOM PROFIL
Tak kenal maka tak sayang. Nah, biar para pembaca tahu bahwa kamu adalah pemilik blogmu, tentu saja, kamu perlu menampilkan kolom profil di dalam blogmu. Selain itu, pembaca tentu saja juga dapat berinteraksi denganmu, dan yang tidak kalah penting, kamu bisa memiliki koneksi jejaring yang lebih luas saat para pembacamu tahu apa latar belakangmu, aktivitas keseharianmu dan kegiatan favoritmu.

Kamu dapat menampilkan kolom profil pada bagian sidebar atau pada halaman tersendiri untuk lebih lengkapnya. Mau buat kolom profil sidebar seperti yang ada di blog saya, kamu bisa ikuti tutorial berikut ini.


POPULAR POSTS
Jika kamu ingin tulisan atau artikelmu go viral, maka kamu harus menampilkan widget yang satu ini. Popular posts tentunya akan memberi tahu kepada pembaca, tulisan atau artikel mana saja yang sudah sering dibaca oleh pengunjung sebelumnya. Dengan begitu, pembaca lain akan ikutan penasaran. 

Kini, di internet sudah tidak susah lagi untuk mencari tutorial bagaimana cara menampilkan popular posts yang nggak biasa. Beberapa bentuk kolom popular posts yang bisa kamu tiru, bisa kamu lihat di sini atau di sini.


KONEKSI MEDIA SOSIAL
Siapa yang hari gini nggak punya media sosial seperti Facebook, Twitter atau Instagram? Media sosial ternyata punya banyak peranan yang penting untuk meningkatkan statistik kunjungan blog kamu. Media sosial tidak hanya membantu menghubungkan blogmu dengan semua jejaring pertemananmu di dunia maya, tetapi juga memudahkan pembaca untuk membagi informasi yang mereka dapatkan dari blogmu, sehingga blogmu akan lebih cepat dikenal oleh banyak orang, di luar jejaring pertemananmu.

Koneksi social media bisa kamu tampilkan ke dalam dua bentuk, satu berfungsi sebagai sharing button, atau tombol untuk membagi tulisan atau artikel blogmu ke semua jenis social media (--- biasanya tombol ini muncul di bagian bawah masing-masing tulisan atau artikel blog); dua berfungsi sebagai tombol media sosial pribadi yang dengan mudah akan menghubungkan pembaca pada akun-akun media sosialmu, sehingga mereka akan mudah menfollownya. 

Kamu tentu saja bisa menampilkan koneksi media sosial di dalam blogmu. Sekarang sudah banyak situs yang menyediakan layanan penyedia social media widget secara gratis untuk blog. Beberapa tombol koneksi media sosial bisa kamu tambahkan di bawah masing-masing artikel yang kamu tulis menggunakan situs addthis atau shareaholic, yang memudahkan pembaca share tulisanmu di akun-akun media sosial mereka. Sementara itu, link ini bisa membantu kamu menginstal ikon dari akun-akun media sosial kamu di dalam blog.


KOLOM KONTAK
Namanya juga mau berinteraksi, gimana caranya kalau pemilik blog nggak mencantumkan alamat email yang bisa dihubungi pembaca sewaktu-waktu? Jika kamu ingin pembacamu bisa dengan mudah berkomunikasi denganmu, jangan segan untuk mencantumkan alamat emailmu di dalam blogmu. Kamu bisa meletakkannya di halaman profil atau membuat halaman kontak terpisah yang dapat membantu pembaca mengisi kolom kontak yang telah kamu sediakan. Tentunya, pertanyaan yang dikirimkan oleh pembaca akan langsung kamu terima melalui emailmu.  Mudah kan? Biar nggak bingung, kamu bisa lihat kok tutorial mudahnya membuat halaman kontak terpisah di sini.


Bagaimana? Sudah tahu 'kan elemen blog apa saja yang wajib kamu masukkan ke dalam blogmu jika kamu ingin menarik lebih banyak minat pembaca terhadap blogmu? Coba cek, sudahkah elemen tersebut ada di dalam blogmu? Jika belum, kini saatnya kamu mendaur ulang blogmu. Oh ya, jangan segan untuk kasih pendapatmu melalui komentar di bawah ini ya, kira-kira adakah elemen lainnya yang perlu ditampilkan selain elemen-elemen di atas?

Happy blogging! ;)
author image

ABOUT ANISSA

Anissa is a researcher and lifestyle blogger living in Jakarta. She writes mostly about her passions, which range from travelling, blog tutorial, study tips and her favourite homemade recipes!

3 comments

  1. Yayyy, udah ada semua di blogku :3 :3

    ReplyDelete
  2. semuanya udah punya, kecuali yang form kontak karena aku udah naruh alamat email di sidebar widget. anyway nice tips mba, thanks for sharing

    ReplyDelete

Follow My Instagram

© A Little Bit of Nisa. Design by Fearne.