MEMBUAT HALAMAN KONTAK PADA BLOG

Sunday, June 14, 2015


Assalamualaikum.


Sahabat blogger, tahukah kamu kalau sekarang kamu bisa membuat halaman kontak pada blog dengan menggunakan Google Form yang disediakan pada Google Drive? Tutorial ini khusus buat kamu pengguna Blogger ya.

Pertama, kamu perlu membuat format form kontak pada aplikasi Google Drive. Sign in menggunakan akun Google. Setelah masuk, arahkan kursor pada tombol New kemudian pilih Google FormsKemudian kamu akan diminta untuk membuat form baru. Buat tiap pertanyaan pada isian form dengan mulai membuat pertanyaan tentang nama atau “Your name”. Isikan pada kolom Question Title. Kemudian untuk tipe pertanyaan (Question Type) pilih Text

Untuk membuat kolom pertanyaan atau isian form yang baru, klik Add Item  lalu pilih Text. Ulangi terus hingga selesai membuat kolom isian alamat e-mail atau “Your e-mail” dan kolom isian pesan atau “Your message”.

Khusus untuk kolom isian pesan atau “Your message”, pilih Paragraph Text pada pilihan Question Type. Kamu dapat membuat validasi data isian pesan yang dimasukkan oleh pembaca dengan membatasi jumlah karakter, misalnya 100 karakter. Terakhir, jangan lupa untuk mengklik Required question pada pertanyaan nama dan alamat e-mail yang menandakan bahwa kedua pertanyaan tersebut wajib diisi.

Jika format form kontak sudah dibuat, maka selanjutnya adalah memberikan kalimat konfirmasi yang muncul setelah pesan telah diisi dan dikirim ke alamat e-mail kamu. Pada bagian Confirmation Page, tulis kalimat konfirmasi tersebut sesuai yang kamu inginkan. Kemudian uncheck pilihan Show link to submit another response. Jika sudah, maka kirim form kontak yang telah jadi dengan mengklik Send Form.

Untuk meletakkan form kontak pada blog, kamu harus menyalin atau mengkopi HTML form tersebut. Setelah mengklik Send Form, pilih Embed. Copy HTML yang ada lalu paste pada page baru. Caranya, pada halaman Dashboard Blogger, klik Page. Kemudian klik New Page. Pada bagian HTML, paste-kan HTML kemudian pilih “Don’t allow, hide existing” pada Options Reader comments. Hal ini mencegah munculnya kolom komentar di bawah isian form pada page tersebut. Jangan lupa beri judul page. Jika sudah klik publish, maka page Contact akan muncul.

Selamat mencoba!

NB: Tutorial secara lengkap dapat kamu lihat dan unduh di bawah ini.



author image

ABOUT ANISSA

Anissa is a researcher and lifestyle blogger living in Jakarta. She writes mostly about her passions, which range from travelling, blog tutorial, study tips and her favourite homemade recipes!

Post a Comment

Follow My Instagram

© A Little Bit of Nisa. Design by Fearne.