STRAWBERRY CHEESE DANISH

Saturday, May 16, 2015


Dear food lover,

Libur weekend memang paling seru bersama keluarga ditemani kudapan yang spesial seperti Strawberry Cheese Danish yang sangat nikmat jika disantap saat sarapan di pagi hari. Danish pastry dikenal sebagai makanan manis khas Denmark yang terbuat dari adonan puff pastry dan memiliki tekstur yang berlapis. Salah satu jenis Danish pastry yang terkenal di seluruh dunia adalah Croissant. Teksturnya yang crispy dan memiliki rasa yang beragam menjadi pilihan yang cocok sebagai teman menikmati teh atau kopi di pagi dan sore hari. 

Saat ini, membuat kue dengan adonan pastry tidaklah sulit. Kita bisa dengan mudah menemukan adonan puff pastry yang siap digunakan di beberapa supermarket atau toko bahan kue. Resep ini salah satu yang tergolong mudah dan bahan-bahannya pun tidak sulit untuk ditemukan. Mau coba? Yuk, kita intip resepnya!

Bahan-bahan:
  1. 2 lembar puff pastry siap pakai ukuran 20 cm x 20 cm
  2. 1/2 cup krim keju (cream cheese)
  3. 3 sdm selai stroberi (strawberry jam)
  4. 2 sdm gula halus (castor sugar)
  5. 1 sdt cuka apel (apple cider vinegar), atau air jeruk lemon (lemon juice)
  6. 5 buah strawberry segar
  7. 1 butir telur, kocok lepas
  8. 1 tsp air putih 

Cara membuat:
  1. Siapkan 2 lembar puff pastry siap pakai. Jika puff pastry tersebut baru dikeluarkan dari freezer, maka diamkan sejenak selama 20 menit hingga adonan tidak lagi beku. Pipihkan sedikit adonan dengan menggunakan roller. 
  2. Potong lembaran pastry tersebut ke dalam beberapa bagian dengan ukuran kira-kira masing-masing sebesar 8 cm x 6 cm.
  3. Tata potongan pastry tersebut di atas loyang kue yang sudah dialasi dengan baking paper, atau jika tidak ada, bisa diolasi dengan margarin dan ditaburi sedikit tepung. 
  4. Agar adonan pastry kemudian bisa diisi dengan isian buah dan krim keju, maka tambahkan adonan pastry di sisi-sisi lembaran hingga berbentuk menyerupai frame photo. 
  5. Tusuk-tusuk dengan garpu adonan tengah pastry. Sisihkan.
  6. Sementara menyiapkan toping, panaskan oven bersuhu 180 derajat celcius. 
  7. Haluskan krim keju yang dicampur dengan gula halus dan cuka apel, atau jika tidak ada, bisa diganti dengan air jeruk lemon. Sisihkan.
  8. Untuk toping buah, siapkan selai stroberi di dalam wadah tahan panas/microwave container, tambahkan air lalu panaskan selama 30 detik di dalam microwave. Setelah 30 detik, keluarkan dan aduk hingga tercampur rata dan selai menjadi sedikit lebih encer. Sisihkan. 
  9. Waktunya mengisi topping di atas adonan pastry. Tuang 1-2 sdm krim keju, kemudian 1 sdm selai dan beberapa potong stroberi di bagian tengah adonan pastry
  10. Terakhir, olesi pinggiran pastry dengan campuran telur dan sedikit air yang sudah dikocok lepas agar pastry tidak pucat dan berwarna kecoklatan saat sudah dipanggang. 
  11. Jika sudah siap, panggang adonan di dalam oven selama kurang lebih 20-25 menit hingga matang dan pastry berwarna kecoklatan. 
  12. Setelah matang, angkat dan sajikan dengan taburan gula halus. Kue pun siap disantap selagi hangat. 
*Resep ini untuk 8-10 potong




author image

ABOUT ANISSA

Anissa is a researcher and lifestyle blogger living in Jakarta. She writes mostly about her passions, which range from travelling, blog tutorial, study tips and her favourite homemade recipes!

1 comment

  1. Nice artikel , kunjungan nya ya

    www.thamablog.com
    Thama Blog adalah situs blogger yang mengulas topik mengenai tips trik dan tutorial seputar teknologi dalam bidang komputer dan internet

    ReplyDelete

Follow My Instagram

© A Little Bit of Nisa. Design by Fearne.