TACO FRIES WITH SMOKED CHEESE AND MUSHROOM

Wednesday, January 21, 2015




Dear friends,

How are you today? Demi mewujudkan resolusi blog saya di tahun ini, saya akan mulai mem-posting tulisan di blog setiap minggunya. Bismillah! 

Hari ini saya mau bagi-bagi resep istimewa yang bisa teman-teman coba di rumah. Resep kali ini mungkin judulnya agak kebarat-baratan, he he he. Resep ini mengingatkan saya dengan salah satu restoran cepat saji Lord of the Fries di Melbourne yang menyajikan menu kentang goreng dengan berbagai macam saus topping di atasnya. Kayaknya enak juga kalau saya bisa bikin di rumah, he he he.

Meski terlihat western, tapi saya yakin resep ini bisa teman-teman coba dengan menggunakan bahan-bahan lokal yang bisa dengan mudah ditemui di sekitar kita. Kalau kalian pecinta kentang goreng (fries/chips), dijamin resep ini bisa jadi alternatif yang pas untuk menemani kalian nonton TV atau berkumpul bersama keluarga. Tapi ada satu hal yang harus kalian waspadai ya! Kalorinya! He he he. Pasalnya, resep ini menggunakan minyak untuk menggoreng kentangnya dan tentu saja si keju yang melengkapinya. 

Selain itu, teman-teman juga harus menyiapkan bumbu utama dalam resep ini, yakni Taco seasoning (bumbu Taco). Bagi sebagian dari kalian, Taco mungkin tidak asing di telinga. Taco adalah sejenis makanan asal Meksiko yang dihidangkan menggunakan roti tortila dan berisi bermacam-macam jenis isian, seperti daging atau seafood, daun selada, potongan tomat dan bawang bombai. Bumbu yang digunakan sendiri sangat khas. Bumbu ini pun bisa kita buat sendiri, lho! Bahan-bahannya relatif tidak terlalu sulit karena hanya menggunakan campuran bahan-bahan kering, yakni cabai bubuk, bawang putih bubuk, oregano, paprika bubuk dan kunyit bubuk. Hanya saja, dalam resep ini saya menggunakan bumbu yang sudah jadi atau mix powder. Bumbu ini bisa teman-teman cari di supermarket. Jika ingin tahu lebih jelas tentang cara membuat bumbu Taco, kalian bisa baca di sini

Udah penasaran ya bagaimana cara membuat kentang gorengnya? Yuk kalau gitu disimak resepnya berikut ini.

Bahan-bahan:

500 gram kentang siap goreng, pilih yang unsalted (tidak dibumbui dengan garam)

Saus topping dan taburan:
200 gram jamur kancing kalengan, iris tipis
2 sdm tepung terigu
150 ml susu cair
1/2 buah bawang bombai, cincang halus
1 buah tomat, potong dadu
3 sdm bumbu Taco siap pakai (Taco seasoning)
1 sdm minyak zaitun (olive oil)
Garam, gula dan lada secukupnya

75 gram keju smoked cheddar yang sudah diparut (bisa diganti dengan keju cheddar biasa, atau keju mozarella jika suka)
1 buah daun bawang, iris-iris tipis


Cara membuat:
  1. Goreng seluruh kentang yang ada dalam resep hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan sejenak.
  2. Panaskan minyak. Tumis bawang bombai hingga harum. Kecilkan api. Masukkan tepung terigu, aduk sampai bergumpal.
  3. Tuang susu cair sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai tidak lagi bergumpal dan adonan menjadi licin. Masukkan potongan jamur dan tomat. Beri bumbu seperti garam, gula dan lada secukupnya. Aduk sebentar hingga cairan mengental. Angkat.
  4. Panaskan oven bersuju 150 derajat Celcius. Sementara itu, siapkan pinggan tahan panas. Olesi dengan sedikit minyak di semua sisinya. Tuang kentang goreng ke dalam pinggan. Ratakan.
  5. Tuang adonan jamur di atasnya secara rata lalu taburi dengan parutan keju dan irisan daun bawang.
  6. Panggang kentang dalam oven selama 15 menit hingga matang dan keju meleleh. 
  7. Sajikan hangat.
Itu tadi cara membuat kentang goreng dengan bumbu taco dan keju ala saya. Jika kalian mau yang lebih berat lagi, jamur bisa diganti dengan daging cincang. Oke, mudah-mudahan bisa kalian praktekkan sendiri di rumah. Ditunggu eksekusinya ya! :)

Penampakan kentang sebelum dipanggang dalam oven.


author image

ABOUT ANISSA

Anissa is a researcher and lifestyle blogger living in Jakarta. She writes mostly about her passions, which range from travelling, blog tutorial, study tips and her favourite homemade recipes!

Post a Comment

Follow My Instagram

© A Little Bit of Nisa. Design by Fearne.