MARTABAK MANIS COKLAT KEJU (DENGAN RAGI)

Friday, December 19, 2014

Assalamualaikum.


Dear teman-teman,

Apa kabar hari ini? Mudah-mudahan selalu dalam keadaan sehat. Kenapa? Supaya teman-teman bisa memasak sesuatu yang istimewa. He he he. 

Hasil jepret teman saya. Courtesy: Silvany

Hari ini saya mau berbagi resep martabak manis yang pastinya selalu menjadi favorit kebanyakan orang Indonesia. Setelah mencoba hampir 3 kali resep yang berbeda, saya akhirnya memutuskan resep inilah yang paling pas dari segi tingkat kekenyalan dan rasanya. Kemarin saya dan teman saya mencoba membuat martabak manis keju di rumah. Selain sulit sekali dicari penjualnya di Sydney, teman saya kebetulan juga lagi ngidam, he he he. 

Jadi, selama saya mencari resep-resep tersebut di internet, banyak sekali versi yang beredar, mulai dari menggunakan ragi dan baking powder hingga menggunakan baking soda saja tanpa ragi. Saya telaah memang pada umumnya martabak manis yang dijual di pinggir jalan tidak menggunakan ragi. Mereka hanya menggunakan baking soda sebagai bahan pengembang dan yang terpenting, untuk menghasilkan serat-serat yang khas dalam martabak. Tapi karena saya kebetulan hanya punya ragi dan baking powder, jadi saya mencari resep yang menggunakan bahan-bahan tersebut. Voila! Jadilah resep ini yang saya pilih dan alhamdulillah sukses dan hasilnya memuaskan. 

Udah nggak sabar ingin mencoba? Yuk ditengok resepnya. :)

Bahan-bahan:


23-24 sdm tepung terigu (plain flour), bukan terigu yang diberi pengembang (self-raising flour)
2 sdm gula pasir 
1 sdt ragi instant (instant yeast)
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt garam
2 butir telur, kocok lepas 
350-400 ml susu cair
Margarin, susu kental manis, sebagai olesan
Meises coklat, selai kacang, selai coklat (nutella) dan keju parut untuk topping


Cara membuat:

  1. Siapkan bahan-bahan.
  2. Campur jadi satu dalam wadah tepung terigu, gula pasir, ragi dan baking powder. 
  3. Aduk bahan-bahan tersebut jadi satu.
  4. Jika sudah tercampur, masukkan susu cair sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Susu cair terlebih dahulu dihangatkan (bisa menggunakan microwave hingga hangat2 kuku. Tujuannya agar ragi menjadi aktif pada suhu tersebut).
  5. Aduk hingga adonan tidak menggumpal. 
  6. Kemudian masukkan kocokan telur dan garam lalu aduk rata kembali.
  7. Perhatikan konsistensi adonan. Adonan tidak akan terlalu kental dan terlalu encer (mirip adonan pancake). 
  8. Jika dirasa adonan masih terlalu kental, tambahkan sedikit air putih matang.
  9. Jika sudah selesai, diamkan adonan selama 30 menit sebelum dimasak sambil ditutup dengan lap bersih.
  10. Setelah adonan didiamkan, panaskan wajan pan datar teflon (anti lengket). Tuang adonan sebanyak dua sendok sodet sayur atau hingga rata dalam wajan dan masak dengan api kecil.
  11. Tutup adonan yang tengah dimasak. Perhatikan gelembung-gelembung udara yang muncul. Jika sudah muncul, buka tutup pan dan taburkan gula pasir di atasnya. Lalu tutup kembali. Masak hingga martabak matang.
  12. Angkat martabak dan oleskan margarin selagi panas.
  13. Tuang susu kental manis di atasnya dan taburkan toping sesuai selera (saya menggunakan nutella dan keju slices untuk sandwich). Lipat martabak kemudian potong-potong.
  14. Sajikan martabak selagi hangat.
Bagaimana? Tidak terlalu sulit? Insyaa Allah tidak ya. Kalau kalian sudah menguasai resep martabak manis ini, dijamin keluarga tambah sayang, he he he. Dan satu lagi, kalian jadi bisa sering-sering membuatnya di rumah. 

Selamat mencoba ya! :)  
author image

ABOUT ANISSA

Anissa is a researcher and lifestyle blogger living in Jakarta. She writes mostly about her passions, which range from travelling, blog tutorial, study tips and her favourite homemade recipes!

Post a Comment

Follow My Instagram

© A Little Bit of Nisa. Design by Fearne.