KUE SAGU KEJU (CASSAVA STARCH COOKIES WITH CHEESE)

Saturday, August 09, 2014


Halo sobat semua!


Kalian suka keju? Kali ini saya akan berbagi resep favorit saya, yaitu kue sagu keju. Saya suka sekali sama kue ini. Rasanya tidak hanya manis gurih tetapi teksturnya juga garing-garing crunchy gitu. Setiap lebaran, ibu saya pasti selalu menyediakan kue ini khusus untuk saya, paling tidak minimal satu toples. Berhubung kue ini relatif sulit dalam proses pembuatannya, oleh karena itu ibu saya selalu membelinya. 

Nah, berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, tahun ini saya harus merayakan lebaran jauh dari keluarga. Satu hal yang paling mencolok perbedaannya adalah saya tidak membantu ibu saya membuat kue. Selain itu, toko atau usaha yang menjual kue lebaran juga sangat sedikit di sini. Saking rindunya saya sama masakan rumah, alhasil saya memutuskan untuk membuat kue lebaran sendiri. Apalagi saya dapat lungsuran tepung sagu tani dari salah satu teman saya yang sudah kembali ke tanah air, he he he. Alhamdulillah banget. Jadi tergoda kan membuat kue sagu keju sendiri. Seperti biasa, karena keterbatasan alat (tidak ada mikser), saya hanya menggunakan whisk dan otot tangan saya yang kuat untuk mengocok, he he he. Tapi saat itu saya juga dibantu oleh dua orang teman saya, Ika dan Emmi. 

Hmm, kalau untuk hasilnya, sejauh ini saya puas. Kuenya enak, lumayan garing crunchy dan manis, lumayan.. sesuai dengan yang biasa saya makan di rumah. Apalagi saya membuatnya dengan menambahkan sedikit bubuk kayu manis. Bukannya narsis lho, alhamdulillah beberapa teman yang sudah mencicipi juga suka. Tapi resep ini saya peroleh dari internet lalu saya modifikasi lagi sedikit biar adonan dan rasanya pas. Maklum saja, saya terbilang masih novelty dalam dunia baking. :) Penasaran? Yuk disimak resepnya.
Bahan-bahan:

500 gr atau 5 cup tepung sagu tani
1 sdm bubuk kayu manis (resep asli: 2 lbr daun pandan)
150 gr atau 3/4 cup margarin
100 gr atau 1/2 cup mentega
250 gr atau 2 cup gula halus atau gula kastor
2 butir kuning telur
250 gr atau 2 cup keju edam yang sudah diparut
100 ml santan kental

Cara membuat:
  1. Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan dan takar sesuai ukuran yang diperlukan.
  2. Sangrai campuran tepung sagu dan bubuk kayu manis dengan api kecil sambil diaduk sesekali agar tepung tidak cepat gosong. Jika ingin mengikuti resep asli, bubuk kayu manisnya diganti dengan daun pandan dan dimasak hingga daun terlihat layu. Maklum, daun pandan di sini agak susah dicari. 
  3. Jika tepung sudah mulai terlihat sedikit kecoklatan, matikan api dan angkat lalu diamkan hingga suhu tepung kembali dalam suhu ruangan.
  4. Sementara itu, kocok margarin dan mentega hingga lembut, lalu masukkan gula halus. Kocok hingga rata. 
  5. Tambahkan kuning telur satu per satu lalu kocok kembali hingga rata. Jika kalian menggunakan mikser, maka matikan mikser. 
  6. Saat adonan sudah tercampur rata, masukkan parutan keju lalu aduk dengan spatula. Kemudian masukkan tepung sagu secara bertahap ke dalam adonan sambil diaduk. 
  7. Terakhir tambahkan santan kental kemudian aduk kembali.
  8. Siapkan plastik segitiga atau alat spuit (yang biasa digunakan untuk membuat kue semprit). Gunting bagian ujung plastik lalu pasang spuit bentuk bintang. Masukkan adonan ke dalam plastik sebanyak kurang lebih sepertiga bagian, jangan terlalu penuh. 
  9. Semprotkan adonan ke dalam loyang kue yang sudah dialasi baking paper atau diolesi mentega. Panggang kue dalam oven selama kurang lebih 40-45 menit. Karena tekstur kue yang mudah meleber di atas loyang, usahakan tiap semprot adonan tidak terlalu besar. 
  10. Setelah kue matang, keluarkan lalu dinginkan sejenak sebelum dihidangkan.
Selamat mencoba ya! :)

*Resep kurang lebih untuk 2-3 toples
author image

ABOUT ANISSA

Anissa is a researcher and lifestyle blogger living in Jakarta. She writes mostly about her passions, which range from travelling, blog tutorial, study tips and her favourite homemade recipes!

1 comment

  1. Terimakasih Artikel KUE SAGU KEJU (CASSAVA STARCH COOKIES WITH CHEESE)nya bagus dan membantu sekali, semoga sukses selalu yaa .. Aamiin
    Salam Resep Kue Kering Lebaran

    ReplyDelete

Follow My Instagram

© A Little Bit of Nisa. Design by Fearne.