BASIC PANCAKE

Sunday, April 08, 2012

Dear you,

Kamu penyuka pancake? Sering makan pancake di restoran tapi nggak tahu gimana cara membuatnya? Sekarang kamu akan tahu bagaimana cara memasak Pancake seperti yang sering kamu nikmati di restoran. Aku akan berbagi resepnya untuk kalian. Siapkan bahan-bahan dan perhatikan step-stepnya ya. Yang pasti mudah dan kamu bisa membuatnya sendiri di rumah.

Bahan utama:
  1. Tepung terigu 150 gr
  2. Gula halus 60 gr
  3. Susu bubuk 50 gr
  4. Baking powder 10 gr
  5. Telur 2 butir
  6. Susu cair 150 cc
  7. Margarin 50 gr, lelehkan
Bahan pelengkap:
  1. Coklat meises
  2. Coklat spread/coklat oles/selai coklat
  3. Es krim (rasa dapat disesuaikan dengan selera)
Cara membuat:
  1. Siapkan bahan-bahan utama dan wadah. Campur jadi satu tepung terigu, gula halus, susu bubuk dan baking powder. Aduk rata hingga semua bahan kering tersebut tercampur.
  2. Masukkan telur satu persatu, kemudian tambahkan susu cair sedikit demi sedikit sambil diaduk. Aduk hingga rata.
  3. Jika sudah rata, kocok dengan mikser. Kocok dengan kecepatan sedang selama 3 menit sampai adonan terlihat tidak menggumpal. Jika kamu memilih mengocoknya secara manual, lakukan hingga bahan-bahan tadi benar-benar tercampur dan adonan tidak menggumpal.
  4. Terakhir masukkan margarin yang telah dilelehkan sedikit demi sedikit. Kocok/aduk saja sampai rata, tidak perlu sampai terlalu lama.
  5. Jika adonan sudah siap, diamkan sebentar. Tunggu antara 3-5 menit, baru adonan dimasak.
  6. Setelah didiamkan sebentar, masak di atas wajan anti lengket dengan api kecil. Biasanya wajan anti lengket bersifat cepat panas, jadi gunakan api yang kecil, agar adonan tidak cepat gosong.
  7. Gunakan sendok sayur. Ambil adonan sebanyak 1 sendok sayur. Tuangkan perlahan di atas wajan. Jangan diaduk, biarkan seluruh adonan di sendok sayur tersebut jatuh sendiri ke atas wajan. 
  8. Diamkan dan tutup wajan agar panas di dalam wajan dapat merata. Jika sudah muncul buih dari permukaan pancake, balik pancake. Matangkan sisi sebaliknya. Jika permukaan di kedua sisi sudah matang, angkat pancake.
  9. Taruh pancake yang sudah matang tadi di atas piring saji. Sajikan pancake dengan topping es krim, coklat meises dan olesan selai coklat sesuai selera. 
  10. Jika punya bahan-bahan lain, seperti kacang mede atau kacang almond panggang, selai lain selain coklat (stroberi, bluberry, nanas), madu, atau parutan keju, bisa ditambahkan.
Bagaimana? Tidak susah kan membuatnya? Kalian bisa berkreasi membuat pancake favorit kalian, tidak kalah dengan buatan restoran. Selamat mencoba! :)

Tips:
Kadang kita kesulitan menakar bahan, apalagi jika kita tidak punya timbangan bahan. Tetapi kita bisa menakarnya dengan ukuran sendok. Berikut panduan dalam mengkonversi volume dan berat bahan dalam resep (Sumber: Sukamasak.com)

UKURAN VOLUME BAHAN

1 sdt (sendok teh) = 5ml = 5cc
1 liter = 1000ml = 1000cc
1 sdm (sendok makan) = 15ml = 15cc
1 dl = 100ml = 100cc
1 gelas (cup) = 250ml = 250 cc
1ml = 1 cc

UKURAN BERAT BAHAN


1 sdm, sama dengan: 

Tepung terigu = 10 gr
Gula pasir = 20 gr
Gula merah padat = 15 gr
Brown sugar padatkan = 10 gr
Gula bubuk = 10 gr
Mentega = 15 gr
Margarin = 15 gr
Coklat bubuk = 5 gr

1 cup, sama dengan:
Tepung terigu = 140 gr
Gula pasir = 225 gr
Gula merah padat = 200 gr
Brown sugar padatkan = 170 gr
Gula bubuk = 110 gr
Mentega = 225 gr
Margarin = 225 gr
Coklat bubuk = 80 gr
author image

ABOUT ANISSA

Anissa is a researcher and lifestyle blogger living in Jakarta. She writes mostly about her passions, which range from travelling, blog tutorial, study tips and her favourite homemade recipes!

2 comments

  1. mauuuu....
    aku bagian icip2 aja deh..hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, maunya yg bagian makannya aja nie...
      sekali2 bikin yuk brg2.. :D

      Delete

Follow My Instagram

© A Little Bit of Nisa. Design by Fearne.