APA MENU IKAN FAVORITMU?

Saturday, November 19, 2011

Buat blogger yang senang travelling atau berplesir, sedang dinas atau kerja di luar kota, dan tentu saja pecinta ikan, wajib menengok beberapa tempat makan berikut ini. Lokasinya memang jauh dari Jakarta, alias butuh ongkos dan biaya perjalanan untuk mencapainya. Namun, nikmat yang kita dapat saat menyantap sungguh terbayarkan. Berikut ini adalah beberapa lokasi tempat makan yang menjual makanan berbahan dasar ikan yang menjadi menu favorit saya dan menurut saya patut dicoba!

Warung Mak Beng (lokasi : Pantai Sanur, Bali)

Terpampang papan Warung Mak Beng 

Kalau kamu lagi singgah di Bali dan mengunjungi Pantai Sanur, kamu wajib datang ke warung makan ini, namanya Warung Mak Beng. Lokasinya tidak jauh dari Hotel Sanur Paradise. Warung makan ini ternyata sudah terkenal, dan banyak pengunjung Pantai Sanur yang makan di tempat ini. Tak heran, waktu saya dan dua teman saya berkunjung ke sana, warung makan ini penuh dengan pengunjung yang tak sabar ingin mencicipi paket ikan goreng dan sup ikannya yang lezat. Sayangnya tempat makan ini tidak terlalu luas. Kami pun sampai harus berebut tempat duduk dengan pengunjung lain.
     
Warung makan ini memang khusus menjual masakan ikan laut yang sepintas mirip ikan gindara (saya lupa nama ikannya). Menu spesial dan jadi favorit di warung makan ini adalah paket ikan goreng dan sup ikan yang terdiri dari 1/2 ikan digoreng dan 1/2 ikannya lagi dimasak sup. Rasanya maknyus sekali. Jika kamu pecinta ikan dan masakan pedas, tempat ini bakal jadi favoritmu, karena memang sup ikannya disajikan kaya rempah dan rasanya pedas. Selain itu, supnya terasa segar karena di dalam kuahnya terdapat beberapa potongan timun dan diperasi dengan jeruk nipis. Sementara ikan gorengnya disantap dengan sambal terasi yang mantap dan terkenal dengan sebutan sambal Mak Beng. Sambalnya juga pedas lho. Wah makanan ini benar-benar cocok disantap saat kita lelah bermain dan berjalan-jalan di sekitar Pantai Sanur. 

Seporsi sup ikan dan ikan goreng plus nasi dan teh manis

Pokoknya jika sedang berkunjung ke Pantai Sanur, sempatkan untuk makan di Warung Mak Beng. Tapi harus siap-siap antri ya, karena memang banyak orang yang juga datang karena penasaran ingin mencicipi rasanya. Sayang saya lupa berapa harga seporsi nasi plus ikan goreng dan sup ikannya. Yang pasti masih terjangkau.

Rumah Makan Raja Oci (lokasi : Jl. Sudirman, Manado)


Paket oci bakar siap disantap

Mungkin blogger pernah dengar masakan ikan tude? Ikan tude memang sering menjadi menu di restoran-restoran khas Manado. Tetapi apa yang spesial dari rumah makan satu ini? RM Raja Oci menyajikan masakan ikan bakar yang sederhana namun cita rasanya istimewa. Menu favorit di RM ini adalah paket oci bakar/goreng yang terdiri dari ikan oci/tude bakar/goreng plus nasi, sambal dabu-dabu, dan sayur tumis kangkung. Harganya pun hemat, tidak lebih dari Rp. 20 ribu. 

Ikan tude mirip dengan ikan kembung. Ikan yang disajikan di RM ini masih segar dan terasa nikmat sekali disantap dengan sambal dabu-dabu yang terdiri dari irisan cabe dan potongan tomat hijau. Favorit saya tentu saja ikan bakarnya, karena daging ikannya terasa lembut dan tidak keras. Jika ingin mencicipi menu lain, bisa mencoba perkedel nike. Nike adalah sejenis ikan air tawar yang ukurannya kecil dan mirip teri. Menurut beberapa orang Manado, ikan nike ini banyak mendiami danau Tondano dan sering dimasak menjadi perkedel atau digoreng kering. Rasanya pun maknyus dan cocok juga sebagai cemilan. 

Jika kamu berkunjung ke Kota Manado, tak ada salahnya mampir ke RM ini yang memang berlokasi di pusat kota. Meskipun masakan yang disajikan terbilang biasa, tapi kamu pasti ketagihan mau mampir ke sini lagi. :)

Bagaimana rekomendasi saya kali ini? Mudah-mudahan bisa jadi referensi tempat makan favoritmu saat berkunjung ke dua daerah tadi. Semoga ada kesempatan lain saya bisa berbagi pengalaman saya menikmati masakan khas Indonesia. Ja, itadakimasu! (baca : mari makan!).

author image

ABOUT ANISSA

Anissa is a researcher and lifestyle blogger living in Jakarta. She writes mostly about her passions, which range from travelling, blog tutorial, study tips and her favourite homemade recipes!

Post a Comment

Follow My Instagram

© A Little Bit of Nisa. Design by Fearne.